Masuk

Fakultas Teknik Unhas Gelar Sosialisasi Kompetensi Tenaga Ahli Jasa Konstruksi

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Fakultas Teknik Unhas bekerja sama dengan Dinas PUTR Provinsi Sulawesi Selatan dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) PUPR mengadakan Sosialisasi dan Implementasi Permen PUPR No 8 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemenuhan Sertifikat Standar Jasa Konstruksi Dalam Rangka Mendukung Kemudahan Perizinan Berusaha Bagi Pelaku Usaha Jasa Konstruksi.

Kegiatan ini digelar di Ruang Aula Dinas PUTR Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu, 8 September 2022 dan dibuka secara resmi oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Prov. Sulawesi Selatan, dr. H. M. Ichsan Mustari, M.H.M. 

Berdasarkan laporan Ketua Panitia, Mukhlis, ST, sosialisasi  ini dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang berasal dari perwakilan Dinas PU Kab/Kota, Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi, Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi, perguruan tingggi dan Sekolah Menengah Kejuruan se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Fakultas Teknik Unhas Lakukan Penandatanganan Kerjasama dengan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penjelasan detail mengenai PERMEN PUPR NOMOR 8 TAHUN 2022, sehingga menjadi lebih mudah untuk mendapatkan perizinan terkait pelaku jasa konstruksi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong upaya penguatan kualitas dan kualifikasi tenaga jasa konstruksi,” tambah ketua panitia.  

Sebagai narasumber penyampaian materi adalah Dr. Ir. Syarief Burhanuddin, M.Eng. dan Ir. Ludy Eqbal Almuhamadi yang merupakan pengurus LPJK PUPR. Dalam paparannya disampaikan Kebijakan Sertifikasi Bidang Jasa Konstruksi (SBU & SKK-K) dan Sosialisasi Sertifikasi SKK-K Setelah Berlakunya Permen 08/2022.

Dekan Fakultas Teknik Unhas yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi, Dr. Ir. Rustan Tarakka, ST, MT. berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, Fakultas Teknik Unhas dapat mengambil peran dalam implementasi PERMEN PUPR NOMOR 8 TAHUN 2022 sebagai Perguruan Tinggi yang menyiapkan SDM calon tenaga kerja konstruksi yang berkualitas didukung dengan tenaga pendidik yang bersertifikasi.

Baca Juga: Teknik Sipil Unhas, ITS dan UPI Wakili Indonesia di General Meeting Calohea Bangkok

Dihubungi terpisah, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, ST., MT., IPM. mengatakan bahwa implementasi Permen PUPR tersebut dapat berkontribusi terhadap capaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi dalam hal kesiapan kerja lulusan dan persentasi dosen tetap memiliki sertifikat kompetensi/profesi yang diakui oleh industri, atau dunia kerja.