Civitas Akademik FDK UINAM Adakan Pengabdian Masyarakat di Pulau Salemo, Pangkep

Terkini.id – Civitas akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)  UIN Alauddin Makassar kembali menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma perguruan tinggi.

Pengabdian tersebut, diadakan di Pulau Salemo,  Mattiro Bombang, Kec. Liukang Tuppakbiring, Kab. Pangkep Pada tanggal 3 Agustus 2022, dengan mengangkat tema ‘Dakwah Bahari’. 

Senada dengan tema yang diangkat,  Dr. Firdaus Muhammad,  M.A mengungkapkan masyarakat Pulau Salemo pada dasarnya penganut agama yang relegius. 

Baca Juga: Pemkab Blitar Tinjau Ulang Izin Usaha Gus Samsudin, Ada Kemungkinan...

“Masyarakat pulau Salemo adalah pengikut agama islam yang religius. Meskipun demikian, penataan dan penguatan pada nilai religiusitas mereka masih perlu dibangun dan diperkuat”, ucap Dekan FDK itu.

Lanjutnya, Kegiatan ini perlu dimasifkan karena masih sedikit didapati ulama muslim seperti tahun 1880 sejak AGH. Syekh Abd. Rahim Puang Walli mendatangi tempat ini untuk melakukan dakwahnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Prioritaskan APBN 2023 untuk Pemilu hingga IKN

Adapun sejumlah agenda pada kegiatan pengabdian tersebut, seperti sholat subuh berjamaah dan kultum, penyerahan buku, Launching Dakwah Bahari oleh Bupati Pangkep Dan tabligh akbar majelis taklim se Kepulauan Salemo.

Tak hanya itu, Sosialiasi dan FDK road to school juga menjadi agenda penting karena diharapkan adanya  MoU antara FDK UIN Alauddin Makassar dan pihak Pemkab Pangkep, salah satunya mengirimkan mahasiswa/i  FDK untuk melakukan PPL/KKN untuk menguatkan nilai dakwah.

Bagikan