Daeng Ical: Mengabdi ke Masyarakat Tidak Mahal Asal Punya Kemauan dan Keberanian Donor Darah

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Suasana kekeluargaan mewarnai donor darah yang dilaksanakan oleh Tetta Ode Community (TOC) di Warkop Tetta Ode Jalan P. Kemerdekaan Km.12 Daya, Kecamatan Biringkanaya Makassar. Minggu 9 Agustus 2020.

Dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, kegiatan donor darah ini juga memeringati kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Dalam pelaksanaan donor darah tersebut TOC Makassar menggandeng UPTD PMI Cabang Kota Makassar.

Kegiatan donor darah yang dimulai pukul 18.00 wita sore itu, terkini.id berkesempatan berbincang dengan para relawan muda dari SMAN 6 Makassar. Menurut salah satu relawan PMR untuk mengikuti kegiatan seperti ini kami sering berkontribusi, kalau untuk kegiatan di warkop Tetta Ode baru pertama kali selama jeda pandemik.

“Kekawatiran donor darah di masa pemdemi pasti ada, tapi kami tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19, selama mengikuti organisasi itu enak, selain pengalaman kita juga berfikir bagaimana cara beroganisasi, berbicara di depan umum saling membantu sesama, rasa kemanusiaannya tinggi,” kata Yusman yang tercatat sebagai alumni PMR SMAN 6 Makassar ini.

Magfirah yang saat ini duduk dibangku kelas 3 SMAN 6 Makassar sejak SMP sudah aktif di organisasi, menurutnya mengikuti organisasi seperti PMR mendapatkan pengalaman, banyak belajar diluar pelajaran sekolah kemudian menambah teman atau relasi

Menarik untuk Anda:

“Untuk adik-adik kelas jangan takut masuk organisasi, kita sama-sama belajar. Sejauh ini belum ditemukan kasus pendonor positif covid-19,” ucap Magfirah.

Vikriyanto yang akrab disapa Vikri staf Humas dan UPTD PMI Cabang Kota Makassar mengatakan, selama akhir bulan Juli hingga awal Agustus ini kondisi sudah sangat kritis, kita sudah berada di angka 200 stok, itu sangat tidak ideal dan tidak seimbang dengan jumlah donasi yang ada di PMI, ini semua dikarenakan kondisi pandemi.

“Padahal tidak menutup kemungkinan pihak ketiga atau mitra-mitra kami berkesempatan melaksanakan kegiatan donor darah salah satunya P3E KLHK, termasuk yang hadir malam ini dari Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi, namun terkendala Covid-19 ini,” kata Vikry kepada media.

Ia menambahkan, banyak mitra-mitra sudah kami hubungi terkendala pandemi, saat ini kami targetkan TNI dan Polri. Selain itu harapannya kegiatan donor darah malam ini yang diinisiasi Tetta Ode Community bisa mencapai target 50 kantong darah.

“Komunitas Tetta Ode sangat konsisten melakukan donor darah, berhubung waktunya sudah masuk, maka mereka donor darah kembali, yang bertepatan malam ini insha allah akan dihadiri Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos.,M.Si, Ketua PMI Kota Makassar untuk memberikan penghargaan kepada Tetta Ode Community, kami juga melibatkan PMR dari SMAN 6 Makassar,” kata Humas PMI Caban UPTD Makassar.

Masih dari lokasi yang sama, Ketua TOC Henry Aries T. S.Sos, mengatakan, memang mempunyai jadwal kegiatan rutin per 3 bulan. Malam ini kami siapkan waktu dan tempat di Warkop Tetta Ode di jalan P. Kemerdekaan untuk diadakan donor darah per 3 bulan.

“Kami melibatkan anggota komunitas, komunitas-komunitas lain yang ada di Makassar, PMR dari SMAN 6 dan tentunya masyarakat sekitar,” ucap Henry.

Henry menambahkan bahwa donor darah ini sudah menjadi agenda rutin, semacam ada Mou antara PMI dengan komunitas kami. Kita berusaha maksimal memberikan penjelasan kepada teman-teman dan komunitas-komunitas lain betapa pentingnya menyumbang darah.

“Minimal malam ini dapat 30 kantong darah, untuk maksimalnya tidak bisa ditentukan tergantung PMI menyediakan kantong darah berapa, untuk tema sendiri tidak ada, ini sudah menjadi agenda rutin yang bertepatan dengan HUT ke-75 RI. Tujuan dari donor ini semoga bermanfaat dan target-target dari PMI sama yang membutuhkan darah tercapai,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Ketua PMI Kota Makassar, Daeng Ical mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada TOC yang telah melaksanakan donor darah, TOC salah satu komunitas yang berkomitmen luar biasa bagi rasa kemanusiaan.

Kenapa?, karena pandemi ini bersamaan dengan epidemi demam berdarah, kemudian bersamaan dengan puasa dan lebaran, WFH, libur kuliah, sementara orang yang butuh darah tidak bisa ditunda-tunda. Kebutuhan darah di kota Makassar begitu banyak sementara suplay darah di PMI sangat terbatas, apa yang dilakukan TOC ini luar biasa kontribusinya, maka kami dari PMI Kota Makassar memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih mudah-mudahan memicu semangat pengabdian kemanuasiaan dan bernilai ibadah dihadapan Allah SWT.

“Donor darah itu menyehatkan bagi pendonor itu sendiri, dengan berdonor darah berarti mendeteksi dini dari penyakit yang timbul terutama bagi yang mempunyai kartu golongan darah. Mempunyai kartu golongan darah paling tidak bebas dari hepatitis B, C, sipilis sama HIV AIDS, kalau sudah mempunyai kartu golongan darah berarti sudah donor darah lebih dari 3 kali,” ulas Ical.

Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal mengatakan, jaman now susah sekali suplay darah, bagi yang berdonor darah malam ini, kita mengapresiasi dan terimakasih tak terhingga, mudah-mudahan ini bisa diikuti oleh komunitas yang lain, mudah-mudahan menginspirasi yang lain bahwa mengabdi ke masyarakat itu ternyata tidak mahal yang penting punya kemauan dan keberanian terutama sekali melalui donor darah.

“Di era covid-19 suplay darah berkurang 60 % suplay itu tinggal 40 % normal, habis semua relawan karena banyak mahasiswa pulang kampung karena libur kuliah padahal itu menjadi andalan PMI kota Makassar, tinggal komunitas di kota Makassar yang menjadi tulang punggung PMI kota Makassar,” tutup Ical.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Anggota Komisi V DPR RI, Sarce Bandaso Ucapkan Selamat Berkonfercab II DPC GMNI Tana Toraja

57 Orang Diamankan Petugas, Pelaku Diancam Pidana Berlapis

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar