Dapat Arahan dari Menkes, Pemkot Palopo Perkuat Testing dan Screening untuk Atasi Covid-19

Terkini.id, Palopo – Pemkot Palopo mengikuti rakor Penguatan Solidaritas Penanganan COVID-19 di Indonesia dengan Berbagai Pihak Secara Virtual Melalui Zoom Meeting dari Ruang Sekda Kota Palopo, Kamis 19 Agustus 2021. 

Melalui zoom meeting Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) mengatakan, strategi penanganan pandemi adalah mendeteksi, meningkatkan testing dan screening. 

Selain itu, meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak dengan melibatkan Babinsa/Bhabinkamtibmas, Surveilans genomik di daerah – daerah berpotensi lonjakan kasus. 

Baca Juga: Berpakaian Adat, Wali Kota Palopo Hadiri Rapat Paripurna Hari Jadi...

Untuk terapeutik, konversi TT 30-40% dari total kapasitas RS dan pemenuhan suplai (termasuk oksigen), aikes, & SDM hingga mengerahkan tenaga cadangan: dokter internsip, koas, mahasiswa tingkat akhir, pengetatan syarat masuk RS.

Pasien dengan saturasi <95%, sesak napas, maka diawasi oleh tenaga aparat atau relawan, agar hamya kasus sedang, berat, kritis di RS. 

Baca Juga: Pengurus AFK Palopo Dilantik, Siap Tingkatkan Prestasi Atlet Cabang Futsal

Meningkatkan pemanfaatan isolasi terpusat, vaksinasi, alokasi vaksin 50% di daerah – daerah dengan kasus & mobilitas tinggi, Sentra vaksinasi di berbagai tempat yang mudah diakses oleh publik, percepatan vaksinasi pada kelompok rentan, termasuk lansia & orang dengan komorbid. 

Disebutkan, penerapan protokol kesehatan dengan dukungan teknologi digital salah satu kunci penanganan pandemi, protokol kesehatan di ruang/fasilitas publik yaitu perdagangan, transportasi, pariwisata, kantor/publik, keagamaan dan pendidikan. 

Peningkatan tes untuk menurunkan positivity rate, tes harus diprioritaskan bagi kontak erat dan suspek, dan 55,7 juta penduduk indonesia sudah divaksinasi dosis pertama 

Baca Juga: Pengurus AFK Palopo Dilantik, Siap Tingkatkan Prestasi Atlet Cabang Futsal

Pada kesempatan itu juga Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito,S.E., M.M
menyampaikan upaya percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, yakni ; 

-Penanganan pandemi Covid-19 dihadapkan dengan sistem Pertahanan Negara merupakan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI & keselamatan segenap bangsa 

-Merupakan ancaman nonmiliter yang seharusnya ditangani oleh komponen pertahanan nirmiliter. 

-K/L sesuai jenis ancaman (kesehatan) sebagai unsur utama, dibantu oleh K/L lain & Pemda sebagai Unsur lain kekuatan bangsa. 

-Roadmap pengendalian pandemi Covid-19.
yaitu 3M yang patuh, 3T yang tinggi, Coverage vaksinasi tinggi. Pada akhirnya, kita dapat merubah ‘Pandemi’ menjadi ‘Endemi sehingga kita dapat hidup berdampingan dengan Covid-19 dan masyarakat menjadi produktif aman COVID-19 

Kegiatan tersebut mengangkat tema
“ PENGGUNAAN MASKER ADALAH SALAH SATU BAGIAN DARI PROTOKOL KESEHATAN YANG HANYA BISA DILAKUKAN DENGAN KESADARAN DAN KONSISTEN”

Bagikan