Makassar Terkini
Masuk

Dinas Penataan Ruang Makassar Perketat Pemeriksaan IMB

Terkini.id, Makassar – Dinas Penataan Ruang Kota Makassar akan menguatkan kajian tata ruang dan bangunan sebelum menerbitkan rekomendasi.

Hal ini dilakukan karena semakin banyaknya bangunan khusus ruko yang tidak memiliki lahan parkir. Sehingga kendaraan parkir sampai ke badan jalan.

“Menyebabkan perlambatan dan kemacetan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar Nirman Niswan Mungkasa, Jumat 1 Februari 2019.

Daya tarik Kota Makassar mengundang pelaku usaha untuk mencoba peruntungan. Dampaknya banyak rumah toko yang bertebaran.

Hal ini sangat positif, utamanya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Meski begitu, proses pembangunan seringkali tidak menyiapkan lahan parkir yang tidak memadai.

Akibatnya, seringkali dijumpai kendaraan pengunjung ruko yang parkir hingga ke badan jalan. Bahkan sampai menyebabkan perlambatan arus lalu lintas bahkan kemacetan.

“Sekarang kita banyak koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sebelum izin terbit,” kata Nirwan.

Penataan Ruang juga berjanji meningkatkan pengawasan proses pembangunan gedung. Agar sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Nirwan berharap langkah ini mampu membantu mengatasi persoalan klasik di Makassar. “Mengurangi macet,” kata Nirwan.