Dirawat di RS UMMI Bogor, Habib Rizieq Tak Pakai Ventilator dan Kondisinya Sehat

Terkini.id, Jakarta – Sejumlah rumor berkembang terkait Habib Rizieq yang dirawat di Rumah Sakit. Di antaranya isu Rizieq yang kritis dan harus dipasangi ventilator.

RS UMMI pun mengklarifikasi bahwa kondisi Habib Rizieq Syihab dalam kondisi baik dan tidak menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator.

“Seperti yang saya sampaikan tadi, beliau alhamdulillah baik dan sehat. Kalau ada yang mengabarkan beliau terpasang ventilator itu tidak benar,” ucap Direktur Utama (Dirut) RS UMMI, Andi Tatat, saat dihubungi, Kamis 26 November 2020.

Rizieq dan istrinya diketahui dirawat di RS UMMI sejak kemarin. Rizieq, disebut dirawat di ruang perawatan biasa bukan ICU.

Menarik untuk Anda:

“Di ruangan biasa, di ruangan president suite,” kata Andi soal ruangan tempat Habib Rizieq dirawat.

Pihak RS menyebut kondisi Habib Rizieq dan istrinya tidak kritis. Tetapi, pemimpin FPI itu belum bisa dijenguk.

“Cuma memang dari beliau, dari keluarga, tidak menerima tamu siapa pun. Bahkan dari DPP FPI juga tidak diberi perkenankan masuk (menjenguk). Nggak ada, (Rizieq) nggak boleh (dijenguk),” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif mengungkapkan kondisi Rizieq dalam keadaan sehat. Slamet menyebut Habib Rizieq hanya kelelahan.

“Alhamdulillah, IB-HRS dalam kondisi sangat baik, sehat walafiat,” kata Slamet kepada detikcom, Kamis 26 November 2020.

Slamet mengungkapkan Rizieq memang sempat memeriksakan kesehatan ke salah satu rumah sakit di Bogor, Jawa Barat. Rizieq merasa kelelahan usai menghadiri beberapa acara sepulang dari Arab Saudi.

“Sejak kemarin IB-HRS datang ke RS UMMI meminta general check-up, karena sempat kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan diciumi ribuan umat Islam yang rindu dan antusias,” ungkap Slamet.

Soal Wali Kota Bogor Bima Arya meminta agar Habib Rizieq Syihab yang sedang dirawat di RS UMMI untuk diswab, RS UMMI belum menyebut belum memutuskan untuk swab Habib Rizieq.

“Sesuai dengan yang saya sampaikan ke wali kota, akan saya diskusikan dengan tim dokter yang menangani beliau,” ucap Direktur Utama RS UMMI Andi Tatat saat dihubungi, Kamis 26 November 2020.

Menurut Andi, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu, dalam kondisi baik. Tidak ditemukan gejala yang mengarah ke virus Corona (COVID-19).

“Jadi beliau (Habib Rizieq) ke sini, dari hasil screening di tim kami alhamdulillah, tidak mengarah ke COVID,” kata Andi Tatat, di RS UMMI Bogor, Jalan Empang II No. 2, Bogor Selatan, Kota Bogor.

” Tidak (positif Corona). Negatif,” ujarnya.

Sebelumnya, Bima Arya Sugiarto membenarkan Habib Rizieq Shihab berada di RS UMMI. Dari hasil observasi menunjukkan hasilnya baik.

“Pimpinan rumah sakit tersebut menyampaikan kepada saya, saat ini kondisi Habib dalam keadaan baik. Telah dilakukan pengecekan secara menyeluruh dan hasilnya juga sejauh ini baik,” kata Bima Arya.

Bima Arya menyatakan Habib Riziq tidak menunjukkan gejala terkena COVID-19. Dia hanya menyatakan bahwa Habib Rizieq ke rumah sakit tersebut untuk memeriksakan kesehatan.

“Tidak ada gejala COVID,” jelas Bima.

Bagikan