Makassar Terkini
Masuk

Dosen Komunikasi UMI Latih Aparat Desa di Takalar Ilmu Jurnalistik

Terkini.id, Takalar – Salah satu dosen pengabdi dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Rayudaswati Budi SSos MSi melatih aparat kecamatan, desa dan kelurahan untuk menjadi “citizent journalist” handal.

Pelatihan itu digelar dalam rangka realisasi program pengabdian pada masyarakat yang disinergikan dengan salah satu program kerja tingkat kecamatan KKN Reguler UMI angkatan 62 di Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar, Rabu 20 Februari 2019.

“Pelatihan ini diperuntukkan bagi aparat sebagai pelaksana pemerintahan agar dapat menyebarluaskan informasi utamanya yang berkaitan dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi-red) masing-masing dan tentunya informasi berkaitan erat dengan hajat hidup orang banyak,” ungkap Rayudaswati.

Dengan keterampilan jurnalistik dasar ini, kata Rayudaswati, aparat dan warga juga bisa berpartisipasi dalam sektor informasi.

“Misalnya tentang potensi wilayah masing-masing dan juga peristiwa yang sedang berlangsung di lokasi secara cepat, aktual dan faktual,” tambah dosen senior ilmu Komunikasi UMI ini.

Rayudaswati juga berbagi tips cerdas menangkal hoax

Kegiatan ini berlangsung di Aula kantor Camat Galesong Selatan Kabupaten Takalar dan mendapat sambutan dan antusias dari peserta yang hadir.

Adapun peserta yang ikut dalam pelatihan ini terdiri dari jajaran pemerintah kecamatan dan desa. Hadirnya beberapa mahasiswa KKN yang banyak tertarik menggeluti bidang jurnalistik online menambah semarak kegiatan tersebut.

Selain tentang materi jurnalisme warga, Rayudaswati juga berbagi tips cerdas dalam menghalau isu hoax dan strategi menghadapi wartawan “nakal” di daerah.