DPPKB Rakerda Program Pembangunan Keluarga di Lutra

DPPKB Rakerda Program Pembangunan Keluarga di Lutra

Terkini.id,Lutra – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga(KKBPK) tingkat kabupaten Luwu Utara di aula Dinas pendidikan kabupaten Luwu Utara, Senin 24 Juni 2019.

Kepala Bidang Data Kristina Rabang mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memantapkan kembali peran KB di kabupaten Luwu Utara dalam rangka pengendalian laju pertumbuhan penduduk di Luwu Utara.

“Capaian program pembangunan kependudukan dan keluarga berencana tahun 2018 jumlah pasangan usia subur di 49543 sebanyak 35033 atau 69,18% yang aktif menggunakan alat kontrasepsi,” ujar Kristina dalam laporannya.

Dijelaskan pula bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar terjalinnya keterpaduan antara mitra kerja dan semua komponen terkait di dalam pelaksanaan program sosial sebagai upaya kepedulian tentang perkembangan kependudukan dan keluarga sejahtera sebagai bagian dari keberhasilan pembangunan nasional.

Sementara itu, Kepala Bidang KB/KR Wardihang dalam sambutannya menyampaikan ini merupakan momen yang tepat untuk kita bersama-sama membicarakan apa yang akan dilaksanakan kedepan terkait program tersebut.

“Berbicara tentang kegiatan program KB itu terus yang dilakukan jadi kita harus membicarakan lebih lanjut lagi program apa yang selanjutnya harus dilaksanakan,” terangnya.

Sedangkan, PLT Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Yasir Taba saat membacakan sambutan Bupati Luwu Utara menyampaikan, program  kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga saat ini masih berada pada pusaran laju pertumbuhan penduduk.

“Kabupaten Luwu Utara  tertinggi capaiannya di seluruh Indonesia, dengan capaian 0,89 %,” tutur Yasir dalam sambutan tertulis Bupati Lutra yang dibacanya.

Disampaikan pula bahwa program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga ini untuk mengatasi pertumbuhan penduduk memfokuskan pada upaya memfasilitasi agar penduduk tidak dijadikan sebagai objek namun sebagai subjek pembagunan.

“Mari kita Saling bahu membahu untuk mengsukseskan program kependudukan dan keluarga berencana,” tandasnya.

Pihaknya juga bertekad Kedepan akan menjadikan kampung KB sebagai objek wisata dari 33 Kampung KB di Lutra.

“Ada beberapa Kampung KB yang bisa dijadikan objek wisata salah satunya Desa Komba kecamatan Rongkong,”  terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Luwu Utara Kompol Amir Majid, PLT kepala BKKBN Luwu Utara Yasir Taba,  Kabid KB/KR provinsi Sulawesi Selatan Wardihang Se, M.Si.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Akreditasi Program Studi PG-PAUD UIM Meningkat

Terkini.id, Makassar - Universitas Islam Makassar (UIM) patut berbangga, salah satu program studi yang dibinanya kembali memperoleh akreditasi B.Program Studi jenjang Strata 1 Pendidikan