Era Nurdin Abdullah Pinrang Berhasil Ekspor Rumput Laut

Terkini.id — Pada era kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman, berhasil melakukan ekspor perdana rumput laut.

Ekspor perdana rumput laut tersebut berdasarkan kerjasama antara Pemprov Sulsel dengan Pemda Kabupaten Pinrang, sejak kepemimpinan Andi Aslam Patonangi sebagai Bupati dan dilanjutkan dengan Irwan Hamid juga sebagai Bupati Kabupaten Pinrang.

Kegiatan tersebut sendiri diberikan nama pesta panen dan launching ekspor perdana rumput. Rumput laut tersebut diekspor langsung dengan negara tujuan yakni China, Amerika, Korea, Eropa dan Malaysia.

Menurut mantan Bupati Bantaeng dua periode, ekspor perdana rumput laut ini merupakan sebuah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Sulsel, terkhusus untuk masyarakat kabupaten Pinrang.

Mungkin Anda menyukai ini:

Sebab, Prof Nurdin, tidak menyangka di Kabupaten Pinrang ada pabrik sebesar PT Biota Laut Ganggang (PT BLG). Apalagi ini karyawan diambil dari masyarakat asli Kabupaten Pinrang sendiri.

Baca Juga: Gubernur Resmikan Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap...

“Saya optimis bahwa masyarakat kita yang ada di pesisir akan menikmati hasil apalagi perusahaan ini menjanjikan ada beasiswa untuk anak karyawan di PT. BLG ini,” ungkap Prof Nurdin Abdullah, dalam sambutannya, pada acara launching ekspor hasil produksi, PT. BLG, Pinrang, Jumat 25 Oktober 2019.

Sampai saat ini perusahaan ini memproduksi bahan baku sampai 100 ton per harinya sementara kesediaan bahan baku hanya berkisar 30 sampai 50 ton per harinya.

“Kebutuhan 100 ton sementara tersedia hanya 30 sampai 50 ton per hari. Saya kira industri ini akan bertahan kalau kebutuhan bahan pokok terus tersedia. Saya akan bantu untuk mendapatkan bahan baku, bahkan kita akan memberikan pr kepada kepala dinas pertanian untuk mencari solusi demi kebutuhan 50 ton,” jelas mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Bagikan