Masuk

Firdaus Oiwobo Dilaporkan Buntut Sebut Syahadat Batal Jika Tak Percaya Dukun

Komentar

Terkini.id, JakartaFirdaus Oiwobo dilaporkan ke Polda Metro lantaran pernyataannya soal syahadat batal jika tak percaya dukun, Senin 26 September 2022.

Aliansi mahasiswa lintas agama melaporkan Firdaus ke Polda Metro karena pernyataan pengacara itu diduga meresahkan masyarakat dan bertentangan dengan aturan.

“Kami dari perwakilan aliansi mahasiswa lintas agama ingin menyuarakan atas keresahan yang terjadi terhadap pernyataan saudara Firdaus yang mana pernyataan tersebut sangat meresahkan masyarakat dan juga sangat menyesatkan,” kata perwakilan aliansi tersebut.

Baca Juga: Hotman Paris Sebut Alasan Jadi Pengacara Irjen Teddy Minahasa

“Tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sesungguhnya,” lanjutnya dilihat dari unggahan video akun sosial media Instagram lambe_ambyar pada Senin 26 September 2022.

Dia juga menilai pernyataan Firdaus menekankan pada ajaran agama Islam.

“Pernyataannya yang pertama, saudara Firdaus menyatakan bahwa dukun adalah bagian dari agama. Di situ memang ada spasinya, akan tetapi beliau melanjutkan lagi khususnya bagi agama Islam,” ucapnya.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Irjen Teddy Belum Diungkap: Ini Teknis!

“Kemudian yang kedua, beliau menyatakan bahwa orang yang tidak percaya dengan dukun maka batal syahadatnya,” sambungnya.

Dia juga menilai hal tersebut tidak sesuai dengan aturan dari fatwa MUI tahun 2005.

“Sangat tidak sesuai atau sangat-sangat melanggar fatwa MUI tahun 2005 yang menyatakan bahwa praktek perdukunan itu haram,” tegasnya.

“Kedua untuk mempublikasikan praktek perdukunan itu sendiri juga haram. Yang ketiga, ini sangat sesuai dengan pernyataan dari saudara Firdaus bahwa memanfaatkan menggunakan dan mempercayai praktek perdukunan itu juga haram seperti itu,” tambahnya.

Baca Juga: Akibat Sebar Foto Perempuan Inisial A, Denise Chariesta Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya

Dia juga merasa hal itu sudah meresahkan masyarakat Indonesia terkait ajaran Islam yang sudah ada.

“Kami menganggap bahwa pernyataan tersebut sangat-sangat mencederai hati masyarakat Indonesia khususnya untuk warga untuk ajaran Islam, masyarakat Islam seperti itu,” jelasnya.

Sebelumnya beredar video Firdaus yang tengah makan sambil mengobrol diduga dengan istrinya sendiri membahas terkait perdukunan.

“Jadi orang yang nggak percaya dukun batal syahadatnya justru, iya benar. Syahadatnya bisa batal,” kata Firdaus.

“Kok percaya dukun sih? Tanya istrinya.

“Iya. Harus percaya dukun,” timpal Firdaus.

“Itu musyrik gimana sih? Kan kita nggak boleh percaya sama manusia, ini kan dukun manusia,” balas istrinya.

“Musyrik, emang dukun apa, apa dulu? Hmmm… kamu salah lagi. Pemahamannya salah. Ini yang harus diluruskan karena kalian-kalian tuh udah terlanjur bodoh. Dikebiri oleh orang-orang atheis dan komunis,” respon Firdaus.

Firdaus Oiwobo dilaporkan terkait penyataan syahadat batal jika tak percaya dukun (lambe_ambyar)