FMDKI Pusat Sukses Gelar Seminar Ilmiah Muslimah di Makassar

Terkini.id, Makassar – Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Pusat sukses menggelar Seminar Ilmiah Muslimah di Ballroom Edelweis Universitas Fajar, Jalan Prof. Abdurahman Basalamah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 30 November 2019.

Seminar dengan tema “Zero Waste, There is No Planet B” menghadirkan dua pemerhati lingkungan sebagai pemateri, diantaranya adalah Ellyana Said dan dokter Muhyina Nur.

Azizah Sudirman selaku Kordinator Panitia Pengarah mengatakan, syariat Islam yang sempurna ini telah melarang segala bentuk pengrusakan alam baik langsung maupun tidak langsung.

“Bumi yang luas ini merupakan amanah dari Allah Azza Wa Jalla sebagai tempat untuk beribadah kepada-Nya sampai waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

“Jika terjadi kerusakan di bumi pada dasarnya itu adalah ulah umat manusia yang harus segera disadari disertai adanya langkah perbaikan,” sambungnya.

Ellyana Said, yang juga sebagai Kepala bagian Tata usaha Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan mengatakan, zero waste (bebas limbah) bukanlah berarti sama sekali tidak bersampah.

“Maksudnya menggunakan sampah kita secara lebih produktif sehingga menggunakan apa saja yang dapat digunakan ulang dan tidak ada yg terbuang. Zero Waste mencakup 5 R (refuse, reduce, reuse, recycle, rot),” ujarnya.

Sedangkan dokter Muhyina Nur selaku Praktisi dakwah Muslimah Kesehatan pun menyampaikan bahwa telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an Q.S Ar-Rum: 41 bahwa kerusakan di darat dan dilautan disebabkan oleh perbuatan tangan manusia.

“Banyak kerusakan di bumi yg terjadi seperti kebakaran hutan, kerusakan hutan,  budaya  nyampah, berlebihan menggunakan energi seperti penggunaan listrik, menyakiti binatang dan sebagainya,” paparnya.

Olehnya itu Muhyina Nur mengajak peserta agar setiap kita menjaga kebersihan dimulai dari diri kita sendiri.

“Seharusnya kita sebagai manusia menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan barang gunakan untuk kemaslahatan diri dari berbagai penyakit serta perbuatan tabdzir dan Israf. Mari memperbaiki bumi kita dengan (mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil dan mulai perbaiki sekarang),” harapnya.

Citizen Reporter: Muhammad Akbar

Komentar

Rekomendasi

Soal Polemik Sampah Menumpuk di TPA Tamangapa, Masyarakat Menuntut

Siagakan 47 Puskesmas, Cara Pemkot Makassar Cegas Virus Corona

Tak Ada Penghapusan Honorer, Justru Pengalihan Status Pegawai

Jelang Pilwali Makassar 2020, None-Fauzan Mencuat

Hanya Eselon Ini yang Bisa Parkir di Ruang Lingkup Balai Kota Makassar

Didampingi IAS, Deng Ical Silaturahmi Bersama Ribuan Tim Ucok Community

Dompet Dhuafa Sulsel Gelar Aksi Kampanye ‘Stop Diskriminasi Kusta’

NasDem Beri Sinyal Usung Danny Pomanto, Surya Paloh: Catatan Tidak Boleh Kalah

Appi Ingin Hapus Iuran Sampah Jika Jadi Walikota Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar