Heboh Foto Penampakan Jantung Dipenuhi Cacing Akibat Makan Daging Mentah

Jantung
Tangkapan layar foto heboh jantung yang dipenuhi cacing. (Foto: detik.com)

Terkini.id – Belum lama ini jagat media sosial dihebohkan dengan sebuah foto penampakan jantung yang dipenuhi bintilan kecil berwarna putih. Bintilan tersebut merupakan petanda sebuah penyakit akibat infeksi cacing pita.

Hal itu diungkap oleh dr Gia Pratama lewat akun Twitternya. Ia mengatakan jika foto itu merupakan penyakit cysticercosis atau sistiserkosis (Kista) yang ditimbulkan oleh cacing pita.

“Penyakit ini disebabkan oleh memakan daging babi yang kurang matang. Gejala yang kadang muncul adalah irama jantung yang tidak beraturan. Kadang tidak bergejala sama sekali sampai kondisinya memberat,” tulis dr Gia di cuitan Twitter-nya pada Senin 1 Juli 2019.

Hingga Kamis 4 Juli 2019, kemarin, cuitan tersebut sudah di-retweet lebih dari 6.000 kali dan mendapat respon komentar dari ratusan netizen.

Menurut investigasi dari AFP ditemukan jika foto jantung tersebut pertama kali diunggah pada tahun 2018 oleh seseorang dengan latar belakang ahli parasit hewan.

Meski foto tersebut sempat beredar luas, namun narasi dalam unggahan foto tersebut yang menyebut kalau hal ini bisa terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi daging babi ternyata keliru.

“Ada yang menggangap karena protein pada daging babi entah bagaimana menyebabkan jantung Anda bereaksi jadi seperti di gambar. Itu tidak benar. Kaitannya dengan infeksi hilang dalam terjemahan,” kata kardiolog Nqoba Tsabedze dari University of the Witwatersrand seperti dikutip dari AFP.

Cacing pita juga bisa mengkontaminasi daging sapi yang masih mentah

Jantung
Tangkapan layar unggahan Twitter dr Gia Pratama. (Foto: suara.com)

Perlu diketahui kalau cacing pita tidak hanya bisa mengontaminasi daging babi tapi juga hewan lain.

Sementara menurut laporan di The New England Journal of Medicine 2016 misalnya menemukan ada pria yang terinfeksi cacing pita sepanjang 6 meter karena sering mengonsumsi daging sapi mentah.

Dalam laporan tersebut, para ahli menyarankan agar orang-orang memasak daging secara benar untuk membunuh parasit sehingga makanan aman dikonsumsi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini