Gagal Lolos Seleksi Kartu Prakerja, Coba Cara Ini

Ilustrasi Kartu Prakerja. Sumber : Google

Terkini.id, – Program Kartu Prakerja yang digulirkan pemerintah untuk gelombang ke-7 telah ditutup pada Senin,(7/9/2020). Banyak masyarakat yang masih mengeluhkan karena gagal lolos seleksi Prakerja meski sudah mencoba ikut seleksi berulang kali.

Ada yang sudah mendaftar 3 sampai 4 kali tapi tetap tidak lolos seleksi sehingga banyak yang mengeluh dan menuliskan keluhannya lewat media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Ada juga yang baru mendaftar sekali langsung bisa lolos seleksi.

Berikut beberapa cuitan netisen melalui akun twitternya , “Lah gw udah 3 kali jawabannnya kamu belum berhasil g tau lgi dgnan diriku,” tulis akun @azir96.

“Daftar 3 kali gagal 3 kali tapi ga dikasih tau salahnya dimana prakerja oh prakerja,” tulis akun @soshiology

Menarik untuk Anda:

Dari sekian banyak keluhan masyarakat karena gagal seleksi, masih ada harapan kedepannya karena Pemerintah masih menjanjikan program kartu prakerja untuk gelombang selanjutnya.

Bagi warga masyarakat yang belum lolos tes seleksi di gelombang sebelumnya, jangan dulu kecewa, Anda bisa mengajukan opsi lain.

Mengutip dari Kompas.com, jika telah gagal mengikuti seleksi sampai 3 kali maka Anda dapat mengadukan masalah tersebut ke Prakerja.

Caranya adalah dengan mengisi surat pernyataan yang bisa Anda unduh melalui link surat pernyataan gagal 3 kali di situs Prakerja.go.id.

Isi surat pernyataan tersebut dengan benar kemudian kirim ke alamat email : kepesertaan@prakerja.go.id. Selanjutnya surat yang Anda kirimkan akan dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana Prakerja.

FAQ Prakerja di situs Prakerja diperuntukkan untuk masyarakat yang sudah 3 kali mendaftar Prakerja namun tidak lolos seleksi, tapi bukan 3 kali gagal registrasi. Hal itu diungkapkan oleh Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, saat dikonfirmasi demikian melansir dari Kompas.com.

Dalam pernyataannya, Louisa menerangkan ada beberapa penyebab pendaftar tidak lolos Prakerja, antara lain

Pertama, adanya ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Jika mengalami masalah tersebut maka masyarakat bisa menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor dukcapil terdekat

Kedua, ada kemungkinan peserta masuk dalam daftar kelompok yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja. Bisa dilihat apakah mereka termasuk dalam daftar terlarang sesuai Permenko 11/2020

Dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020, menyebutkan ada tujuh kelompok yang tidak dapat menerima Kartu Prakerja yaitu : Pejabat Negara, Pemimpin dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian, Kepala dan Perangkat Desa, Direksi, Komisaris dan Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

Ketiga, adanya pertimbangan pendaftar terdampak pandemi Covid-19 atau tidak.

Louisa mengatakan bahwa masyarakat yang sebelumnya tidak lolos proses seleksi maka bisa langsung bergabung dalam seleksi selanjutnya.

Login kembali ke Website Prakerja dengan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, masuk ke dashboard lalu pilih gelombang selanjutnya.

Peserta tersebut tidak perlu lagi mengisi data diri maupun tes seperti yang dilakukan sebelumnya, jadi tinggal menunggu pengumuman hasil selanjutnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

10.000 Buruh Bergerak ke Istana Presiden Hari ini, Jokowi Didemo Lagi

Prabowo: Ada Dalang di Balik Kerusuhan Demo Omnibus Law

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar