Gara-gara Ayahnya Perokok, Bayi Ini Derita Penyakit Bronkopneumonia dan Infeksi Paru-paru

Bayi
Bayi menderita penyakit Bronkopneumonia. (Foto: Grid)

Terkini.id, Makassar – Seorang bayi bernama Ainaa menderita penyakit bronkopneumonia dan infeksi paru-paru di usianya yang masih sangat belia.

Bayi ini mengidap penyakit tersebut lantaran ayahnya yang merupakan seorang perokok aktif.

Kisah Ainaa pertama kali diketahui publik dari unggahan sang ibu, Destriana, di media sosial Facebook. Kisah yang ia posting pad Desember 2018 lalu kini kembali viral di dunia maya.

Dalam unggahannya, Destriana menceritakan bahwa bayinya harus menderita penyakit tersebut gara-gara ayahnya yang kerap merokok, meskipun asapnya tak langsung dihirup Ainaa.

“Awalnya saya fikir ,, ah aman aman aja tuh ayahnya ngeroko diluar yg penting asapnya ga masuk ke dalem… But in fact is BIG NO …!!! Merokok itu penyakit,, candu,, ga cuma mematikan si perokok,, tapi juga orang2 disekitarnya termasuk yg kamu sayangi. Racun dari asap itu bertahan dan mengendap dirambut,, dibaju ,, dikulit si perokok,” tulis Destriana di unggahan Facebook-nya.

Dilansir dari Alodokter, bronkopneumonia adalah salah satu jenis pneumonia, yaitu infeksi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Bronkopneumonia dapat dipicu juga oleh beberapa faktor risiko, seperti usia seseorang, lingkungan, gaya hidup dan kondisi kesehatan tertentu.

Bronkopneumonia merupakan jenis pneumonia yang menimbulkan flek atau bercak pada kedua paru-paru, termasuk juga saluran udara dan kantung udara.

Seseorang yang menderita bronkopneumonia dapat merasakan kesulitan saat bernapas sebagai akibat dari terhalangnya saluran udara.

Gejala bronkopneumonia yang muncul bisa bersifat ringan atau parah, dan cenderung serupa dengan gejala bronkitis.

Komentar
Terkini
Health

Maulina Moli

INILAH wanita paling bahagia saat ini: Maulina. Putri seorang jendral bintang tiga. Ibu seorang anak kecil. Pengusaha tas wanita.Yang membuatnyi sangat happy adalah ini: