Gelar Pendidikan Tingkat Kedua, PMKRI Makassar Harapkan Kader Implementasi Nilai Budaya

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id , Makassar – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Makassar Sanctus Albertus Magnus gelar Masa Bimbingan (MABIM) di Margasiswa PMKRI, Jalan Dr. Soetomo Nomor 08, Kota Makassar pada 7 Desember-15 Desember 2019.

Kegiatan ini mengangkat tema “PMKRI adalah rumah belajar” dan sub tema “Internalisasi nilai PMKRI, kearifan lokal sebagai landasan pembinaan dan perjuangan”.

Sekretaris panitia, Ignasisus Van Moa menyampaikan jumlah peserta 92 orang dari berbagai perguruan tinggi di Kota Makassar.

Nimbrot Yeblo selaku Presidium Pendidikan PMKRI Cabang Makassar St. Albertus Magnus menerangkan tentang masa bimbingan pembinaan formal tingkat kedua di PMKRI.

“Peserta yang mengikuti masa pelatihan adalah peserta yang telah lulus dan melalui pembinaan formal tingkat pertama di PMKRI serta telah memiliki dua hak,” ucap Nimbrot Mahasiswa Fakuktas Hukum Universitas Indonesia Timur.

Pius Yolan, Ketua Presidium PMKRI Cabang Makassar Sanctus Albertus Magnus periode 2019/2020 dalam sambutannya mengatakan bahwa nilai-nilai PMKRI terkandung dalam tiga benang merah.

“Terkait nilai-nilai PMKRI terkandung dalam tiga benang merah yaitu Kristianitas, Fraternitas, dan Intelektualitas. Tiga benang merah harus dikumpulkan dan dijiwai oleh segenap anggota PMKRI yang merupakan satu hubungan yang tidak dapat diubah,” ucap Yolan.

Lebih lanjut, Yolan menyampaikan bahwa anggota perhimpunan harus mengenal serta mampu mengimplementasikan kebudayaan setempat.

“Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi memiliki arti memanusiakan, saling mengingatkan, saling mendukung, atau saling mempercayai. Nilai-nilai luhur daerah Makassar diharapkan menjadi karakter anggota PMKRI Cabang Makassar,” kata Yolan.

Komentar

Rekomendasi

Mempertegas Hanya Satu Kepengurusan Sah, KNPI Maros Gelar Rapat Pleno

Meninggal Saat Berlayar, Jasad Pelaut Asal Enrekang Dilarungkan di Laut

Lanjutkan Program 1000 Lapak Berkah, YBM PLN dan IZI Sulsel Lakukan Ini

Harga Ayam Naik Berdasarkan Data Pemerintah, Peternak Justru Keluhkan Harga yang Anjlok

Pendiri Sekaligus Dewan Pembina MER-C, Joserizal Jurnalis Meninggal Dunia

MUI Bandung : Sterilkan Masjid dari Pengungsi Tamansari

Ungkap Peredaran Narkoba 350 Gram, Personil Polres Maros Dapat Penghargaan

Diserang Pemberontak Houthi, Puluhan Pasukan Yaman Tewas Saat Menunaikan Salat

4 Pesona Kota Konstantinopel, Pantas Saja Direbuti

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar