Gubernur Sulsel: Sampah Menjadi Solusi Untuk Energi

Gubernur Sulssl, Prof Nurdin Abdullah membuka secara resmi kegiatan International Investment Forum On Waste Management 2019 di Hotel Gammara Makassar, Kamis 7 November 2019.

Terkini.id — Gubernur Sulssl, Prof Nurdin Abdullah membuka secara resmi kegiatan International Investment Forum On Waste Management 2019 di Hotel Gammara Makassar, Kamis 7 November 2019.

Nurdin Abdullah mengatakan bahwa forum tersebut dapat menjadi solusi bagi Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan.

“Soal sampah menjadi problem Indonesia saat ini. Bahkan bapak Presiden mengingatkan pada kita bahwa di semua negara luar, sampah menjadi solusi untuk energi,” kata Nurdin Abdullah.

Nurdin Abdullah berharap agar forum tersebut menjadi ajang untuk merumuskan apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah sampah di Sulawesi Selatan, bahkan Indonesia.

“Saya kira banyak pimpinan daerah hadir hari ini. Kehadiran ini tentu merupakan komitmen untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan sampah di daerah kita masing-masing,” tambahnya.

Lebih lanjut selepas membuka acara, Nurdin Abdullah menjelaskan bahwa pada forum tersebut banyak investor di bidang lingkungan yang diharapkan bisa memberikan kontribusi terkait persoalan sampah.

“Sulawesi Selatan ini menjadi kebutuhan kita, termasuk kota Makassar. Pertemuan ini, harapan kita adalah ada minimal salah satu di antara mereka bisa memberikan kontribusi untuk melakukan investasi dalam bidang pengelolaan sampah,” lanjut Nurdin Abdullah.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini di seluruh dunia, sampah itu menjadi energi atau yang lebih dikenal dengan Waste-to-energy (WtE), sedangkan di Indonesia masih menjadi beban.

“Padahal ini yang harus kita coba dorong. Kita mengapresiasi pemerintah kota mengambil inisiasi untuk melakukan pertemuan ini dan mengundang seluruh investor,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kota Makassar, Walikota Makassar, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup RI, Direktur Perencanaan Infrastruktur BKPM RI, para Walikota dan Wakil Walikota beberapa daerah di Indonesia, serta para duta besar dan perwakilan dari negara-negara sahabat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini