Heboh Curhatan ‘Dokter Busuk’, Ini Tanggapan Guru Besar Kedokteran UI

Curhatan Dokter Busuk
Dokter. (Foto: Ilustrasi)

Terkini.id, Makassar – Jagat media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan curhatan influencer Alodita yang kecewa dengan pengobatan dan tenaga kesehatan di Indonesia.

Curhatan Alodita itu pun ditanggapi oleh sejumlah pihak, salah satunya dokter Mesty Ariotejo. Menurutnya, pengalaman pribadi Alodita tidak bisa merepresentasikan pelayanan dokter dan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Coba dipikirkan kembali, apakah komentar anda berdasar? Apakah testimoni segelintir orang dan sedikit dokter di Indonesia yang anda temui dapat merepresentasikan pelayanan dokter dan kesehatan di seluruh Indonesia? Apakah pantas anda mengeluarkan kata “busuk” kepada dokter yang mungkin sudah berjasa kepada banyak pasiennya?” tulis dokter Mesty di akun Instagramnya, seperti dilansir dari Detik, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Tak hanya dokter Mesty yang menanggapi curhatan Alodia tersebut. Praktisi kesehatan dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Ari Fahrial Syam ikut memberikan tanggapannya.

Menurut dr Ari Fahrial, kekecewaan terhadap medis ini bisa terjadi di manapun, tidak hanya di Indonesia.

“Nah, ini kan namanya kekecewaan, setiap orang bisa kecewa. Tapi harus tahu juga namanya pelayanan kesehatan di mana-mana juga bisa seperti itu,” ujar dr Ari.

“Di Singapura, Malaysia, bahkan Amerika saja banyak dokter yang dituntut. Artinya ini suatu hal yang bisa terjadi di mana-mana,” sambungnya.

Menurutnya, kekecewaan itu sah-sah saja. Namun, tidak bisa dengan satu kekecewaan lalu menggeneralisasi bahwa semua dokter di Indonesia sama.

Ia juga menyampaikan bahwa hal ini bisa menjadi masukan bagi para dokter ke depannya. dr Ari mendorong para dokter untuk aktif juga di sosial media untuk menyampaikan kelebihan dan meluruskan berbagai kesalahpahaman di dunia medis pada masyarakat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini