Heboh Guntur Romli Posting Foto Anies Baswedan Tersenyum Saat Banjir, Ini Faktanya

Anies Baswedan
Postingan Guntur Romli tentang Anies Baswedan. (Foto: Twitter @GunRomli)

Terkini.id, Jakarta – Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya tengah tersenyum di depan sebuah bendungan dibagikan oleh Politikus PSI Guntur Romli di akun Twitter miliknya, @GunRomli, pada Kamis 2 Januari 2020.

Dalam narasi postingannya, Guntur Romli menyebut bahwa Anies cengar cengir selfie saat warga Jakarta tengah menghadapi bencana banjir.

“Cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran,” tulis Guntur Romli di unggahan Twitter-nya, Kamis, 2 Januari 2020.

Cuitan Guntur Romli itu sontak membuat heboh warganet. Hingga saat ini, cuitannya itu telah di-retweet sebanyak 296 kali oleh netizen.

Namun berdasarkan penelusuran fakta, foto Anies Baswedan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya itu bukanlah foto yang diambil pada saat banjir melanda Jakarta di awal 2020 ini.

Menarik untuk Anda:

Dilansir dari Suara.com, foto tersebut merupakan produksi tahun 2018. Artinya, foto itu merupakan foto lama yang kembali disebar oleh Guntur Romli di media sosial.

Salah satu media online yakni Kumparan sempat memuat foto itu dalam pemberitaannya berjudul “Saat Anies dan Bima Arya Ajak Warga Selfie di Bendung Katulampa, Bogor” yang terbit pada 12 Februari 2018.

Menurut pemberitaan tersebut, ketika itu Anies bersama Bima meninjau lokasi Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor, pada Senin 12 Februari 2018 untuk memantau ketinggian air.

Kesimpulannya, foto Anies dan Bima Arya yang diunggah oleh Guntur Romli merupakan kejadian di tahun 2018.

Selain itu, narasi dalam keterangan di unggahan Guntur Romli yang menyebut Anies cengar-cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran, juga tidak benar.

Konten narasinya itu masuk dalam kategori konteks keliru alias false context.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Distribusikan Aspal di Indonesia Timur, Pertamina Teken Adendum Kontrak Kerja dengan Bumi Sarana Utama

Viral Istri Labrak Suami Saat Gelar Akad Nikah dengan Pelakor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar