Inflasi Sulsel pada Juli 2019 Tercatat 2,37 Persen

Rapat evaluasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dihadiri oleh Bank Indonesia (BI) bersama Direktur Kriminal Khusus (Dikrimsus), dan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Terkini.id, Makassar – Rapat evaluasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dihadiri oleh Bank Indonesia (BI) bersama Direktur Kriminal Khusus (Dikrimsus), dan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Rapat tersebut membahas kinerja inflasi dan melakukan evaluasi kongkrit atas deflasi 0,05% pada bulan juli 2019.

BI mencatat deflasi Sulsel 0,05% di saat nasional inflasi 0,31% adalah capaian yang baik dibanding rata-rata tiga tahun sebelumnya mengalami inflasi 0,84%, ini disebabkan oleh penurunan harga kelompok bahan makanan yang mengalami deflasi sebesar 0,73% lebih rendah dari pada polanya.

Selanjutnya, inflasi tahunan Sulsel pada bulan Juli 2019 tercatat 2,37% berada dalam sasaran target 3,5 ± 1%. Inflasi tersebut lebih rendah dari pada inflasi nasional 3,32% dan rata-rata tiga tahun sebelumnya 4,09%, ini didukung oleh inflasi bahan makanan yang relatif stabil dan lebih rendah dibanding polanya.

Dinas Perdagangan Sulsel, Hadi Basamalah menyampaikan instruksi Gubernur, agar menjaga stabilisasi inflasi pada tingkat yang moderat.

“Untuk menyelesaikan permasalahan inflasi, TPID harus memiliki infrastruktur representatif yang didukung oleh teknologi yang mumpuni serta memperkuat badgeting,” ujarnya, Kamis, 8 Agustus 2019.

Disampaikan Hadi, bersama Pemerintah Provinsi Sulsel, telah melakukan deteksi dini dengan berbasis IT untuk melakukan pergerakan pemantauan harga  dan stabilisasi harga bahan pokok kepada masyarakat.

Direktur BI, Endang Kurnia Saputra mengatakan optimis inflasi tahun 2019 akan tetap terkendali dan berada dalam target sasaran.

“Strategi pengendalian inflasi akan fokus pada aspek 4k yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, komunikasi spekulasi, serta kerjasama antar daerah,” urainya.

Poin lain dari rapat evaluasi ini, agar TPID bisa membangun perfoma dan menjaga brand agar tetap bersaing dan menang di tingkat nasional.

 

Komentar

Rekomendasi

Imlek, Mal Ratu Indah dan Nipah Mal Bakal Hadirkan Aksi Barongsai Hingga Angpao

Sambut Imlek, Aston Makassar Bertabur Aneka Menu dan Promo Menarik

Gandeng UPTD Dinkes Sulsel, MYKO Kembali Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah

Ekspor Motor AHM Sepanjang 2019 Melonjak, Skutik Mendominasi

Pengumuman! Bunga KUR Turun Jadi 6 Persen, Bisa Pinjam Rp 50 Juta

2019, Penyaluran Premium di Sulaweai Melebihi Alokasi Kuota yang Ditetapkan Pemerintah

GEng Office Tawarkan Ruang Kerja Ekslusif dan Nyaman untuk Pebisnis di Makassar

Rayakan Imlek di Swiss-Belhotel Makassar Bisa Makan Sepuasnya, Ini Caranya

All New Honda BeAT Series Resmi Meluncur, Ini Keunggulan dan Harganya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar