Ini Alasan Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF U-23!

Terkini.id, Jakarta – Piala AFF U-23 yang rencananya akan diselenggarakan di Kamboja pada tanggal 14-26 Februari 2022 terpaksa batal diikuti oleh Timnas Indonesia.

Sementara itu, PSSI mengambil keputusan ini setelah menerima surat resmi dari pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong yang mengusulkan membatalkan Timnas Indonesia untuk ikut serta dalam penyelenggaraan piala AFF U-23.

Dan setelah melakukan diskusi antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong akhirnya PSSI memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan Timnas Indonesia pada turnamen tersebut. 

Baca Juga: Usulan PSSI Disetujui Pemerintah Terkait Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala...

Melansir dari Kompas.com, ada dua alasan PSSI terkait pembatalan keikutsertaan Timnas Indonesia pada piala AFF U-23. Alasan pertama dikarenakan ada 7 pemain Timnas Indonesia yang terpapas covid-19. Diantaranya yaitu Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Tak hanya itu, dikabarkan pula bahwa ada 4 pemain yang menunggu masa inkubasi lantaran sekamar dengan mereka yang dinyatakan positif. Keempat pemain tersebut yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Baca Juga: Ketua PSSI Ingin Ridwan Kamil Maju Jadi Presiden, Netizen: Biar...

Dan alasan kedua ialah karena ada 3 pemain yang mengalami cedera dan masih proses pemulihan, diantaranya Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Ketiga pemain Timnas Indonesia tersebut dikabarkan mengalami cedera ketika memperkuat klubnya masing-masing saat BRI Liga 1.

Kendati demikian, Sekretaris Jenderal (Sekjen PSSI) Yunus Nusi mengungkapkan permohonan maafnya kepada semua pihak yang terkait.

Baca Juga: Ketua PSSI Ingin Ridwan Kamil Maju Jadi Presiden, Netizen: Biar...

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ungkap Yunus, seperti dikutip dari suara.com pada Jumat, 11 Februari 2022.

Bagikan