Makassar Terkini
Masuk

Iqbal Suhaeb Ajak Praktisi Media Perangi Hoaks di Tengah Kisruh Politik

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb mengajak praktisi media bersikap netral dalam menyikapi kisruh politik. Ia menilai media mengambil peran dalam memerangi hoaks.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri temu wartawan media online, cetak, elektronik dan SKPD Kota Makassar. Kegiatan diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar.

“Media harus bersatu jangan dijadikan alat sebahagian orang yang mempunyai kepentingan tertentu. Sebaiknya media harus menyatukan pendapat untuk menangkal berita hoaks, utamanya yang menyangkut keamanan dan stabilitas nasional,” kata dia di Hotel Arthama, Jalan Haji Bau, Makassar, Senin, 30 September 2019.

Iqbal menyebut, peran media massa cetak, dan elektronik, serta online sangat penting untuk menyajikan informasi yang berimbang, faktual, dan mendidik bagi khalayak.

“Sebab media menjadi rujukan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi,” lanjutnya.

Iqbal menilai media memiliki dua komponen yang melekat pada dirinya. Pertama, diisi kaum yang konsisten pada idealisme. Kedua, media juga menjadi bisnis.

Ia mengimbau kepada seluruh media untuk menyatukan pendapat untuk memberantas berita yang sifatnya hoaks.

“Mulai dari media cetak, online, web, radio harus bersatu. Tentu saja akan bagus kalau kita ingin menyatukan satu pendapat apalagi untuk menghilangkan berita-berita yang sifatnya hoaks,” paparnya.

Diketahui, temu wartawan media menghadirkan narasumber Maladi Amin dan Riswansyah Muksin. Adapun moderator yakni Sri Nur Rahmi A Makkatutu.