Jaga Kesehatan Jiwa Saat Pandemi Covid-19? Psikiater Anjurkan ini

Psikiater dr. Lahargo Kembaren/ ist

Terkini.id, Jakarta – Seringkali kita merasa takut, stres dan cemas selama Pandemi Covid-19 sehingga berpengaruh bagi kesehatan fisik maupun mental.

Jika pernah, berikut ini Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) akan berbagi cara untuk membantu Anda menjaga kesehatan mental di tengah Covid-19.

Psikiater dr. Lahargo Kembaren yang juga dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) mengatakan bahwa membatasi perolehan informasi secara berlebihan dari berita-berita yang belum diketahui kebenarannya dapat membantu menjaga kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19.

“Batasi informasi yang berlebihan,” singkt dr. Lahargo.

Selain itu, menurut dia, masyarakat perlu membatasi diri untuk memperoleh berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena kecemasan, kekhawatiran bisa muncul akibat terlalu banyak menonton, membaca dan mendengar informasi secara berlebihan.

Baca juga:

Dalam hal ini memberi jarak sejenak untuk tidak mengkonsumsi berita atau informasi yang berlebihan dapat memperbaiki diri secara psikologis.

“Mengambil jarak sejenak dari informasi tersebut akan baik bagi kesehatan jiwa kita,” katanya.

Kemudian, untuk menjaga kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19, masyarakat juga perlu memilah informasi dengan memperolehnya dari sumber-sumber resmi dan terpercaya.

“Dengan membaca dari sumber yang keliru itu akan membuat kita lebih cemas, lebih khawatir dan memungkinkan untuk memunculkan masalah kesehatan jiwa,” katanya.

Selanjutnya, kata dia masyarakat juga perlu mengatasi berbagai kondisi perasaan yang tidak nyaman akibat COVID-19 dengan melakukan hal-hal yang positif seperti berolahraga.

Selain itu, juga melakukan aktivitas yang produktif, menjalankan hobi, istirahat yang cukup dan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak kesehatan.

“Hindarilah merokok, hindari minum alkohol atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman karena itu tidak akan menyelesaikan masalah,” ujarnya.

Apabila seseorang mengalami stres, perasaan tidak enak, maka disarankan untuk segera berkonsultasi kepada profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, perawat jiwa, psikolog, konselor atau dokter.

Dalam kondisi seperti saat ini di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dapat memanfaatkan layanan konsultasi melalui telemedicine seperti halodoc, alodokter yang dapat diakses dari rumah saja.

“Semua itu akan membantu kita untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat,” kata dia.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan jiwa dan mengatasi berbagai emosi, ia juga menyarankan agar masyarakat memanfaatkan berbagai keterampilan yang dimiliki.

“Contohnya dengan melakukan relaksasi dengan menarik napas, melakukan terapi dengan gerakan tertentu sehingga dapat mengembalikan emosional diri,” bebernya.

“Ini akan membuat perasaan tidak nyaman yang kita rasakan kembali membaik dan kesehatan jiwa kita bisa terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Ini Modal Utama Lawan Corona Menurut Ahli

Tips Menu Sahur Sehat di Tengah Pandemi Ala Pakar Ilmu Gizi

Makanan untuk Pasien Covid-19: Asupan Protein dan Energi Lebih Tinggi

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ahli Gizi Anjurkan Konsumsi Ikan ini

Mau Konsultasi Langsung Soal Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi, Hubungi No Ini!

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Begini Cara Pebalap Astra Honda Jaga Kebugaran Saat Pandemi dan Ramadan

Dokter BAZNAS: Foto Bisa Berikan Energi Positif Untuk Pasien Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar