Jangkau Pemilih di Luar Negeri, KPU Sosialisasi Pemilu ke WNI di Dar Es Salaam

Sosialisasi Pemilu untuk WNI di Dar es Salaam dan, di Wisma RI Dar es Salaam, Tanzania

Terkini.id, – Pemilu merupakan bukti pengakuan atas keberadaan seorang WNI meskipun sedang berada di luar negeri, salah satunya dengan diberikan hak pilih. Demikian salah satu poin paparan Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, dalam acara Sosialisasi Pemilu untuk WNI di Dar es Salaam dan, di Wisma RI Dar es Salaam, Tanzania, tanggal 9 Februari 2019.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara KPU, Kementerian Luar Negeri, dan Kedutaan Besar RI Dar es Salaam, serta juga menjadi pembuka untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kawasan Afrika yang diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 12 Februari 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim dari KPU dan Kelompok Kerja PPLN Kemlu RI, perwakilan PPLN dari 11 Perwakilan RI di Afrika (Antananarivo, Abuja, Addis Ababa, Pretoria, Cape Town, Dakar, Windhoek, Harare, Maputo, Nairobi, dan Dar es Salaam) yang secara total mencakup 42 negara akreditasi, serta para WNI di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam.

Acara tersebut merupakan upaya KPU RI untuk menjangkau WNI yang berada di luar negeri guna memastikan bahwa hak pilih masyarakat tetap terlindungi dan dapat digunakan meskipun berada jauh dari tanah air, menjelang akan diselenggarakannya Pemilihan Umum pada bulan April 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Duta Besar RI Dar es Salaam, Prof. Dr. Ratlan Pardede selaku tuan rumah. Dalam sambutannya Duta Besar RI Dar es Salaam Salaam menyampaikan rasa terima kasih atas dipilihnya KBRI Dar es Salaam sebagai tuan rumah kegiatan tersebut, serta mengharapkan agar penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat berkontribusi untuk terlaksananya Pemilu yang berkualitas dan menghasilkan pemimpin bangsa terbaik.

“Ini adalah tugas bersama, bukan hanya tugas KPU, untuk mensukseskan Pemilu 2019 untuk menjadi LUBER dan JURDIL.”  Demikian disampaikan oleh Duta Besar RI di Dar es Salaam dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Komisioner KPU telah menyampaikan paparan umum terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada masyarakat, baik Pileg dan Pilpres, serta menyampaikan hal-hal mendasar yang terkait dengan hal-hal yang perlu diperhatikan masyarakat di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam untuk menjaga hak pilihnya.

Setelah penyelenggaraan sosialisasi untuk WNI, tim KPU dan Kemlu memberikan pembekalan terhadap perwakilan PPLN yang hadir dalam penyelenggaraan Bimtek yang dilakukan selanjutnya. Bimtek ini merupakan bimtek yang ketiga di di kawasan Afrika setelah sebelumnya dilakukan di Pretoria dan Cape Town (Afrika Selatan) pada tahun 2018. Adapun fokus materi Bimtek kali ini adalah persiapan penyelenggaraan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Bulukumba

Pemkab Bulukumba Terima SAKIP Award dengan Predikat B

Terkini.id,Bulukumba - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penilaian terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Melalui kegiatan SAKIP Award 2018, Menteri