Jarang Diketahui, 5 Fakta Sani Rizki Pencetak Gol Kemenangan Timnas Indonesia U-22

Sani Rizki
Pemain Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki, merayakan kemenangan saat mengalahkan Thailand di Final Piala AFF U-22

Terkini.id, Jakarta – Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 2-1 di ajang Piala AFF U-22 2019 beberapa hari yang lalu tak lepas dari gol yang dilesatkan oleh seorang pemain yang bernama Sani Rizki Fauzi.

Sosok Sani Rizki memang tak setenar Egy Maulana Fikri, Witan Sulaeman, dan Marinus Wanewar, namun kehadiran membawa dampak bagi Timnas Indonesia.

Saat itu, skuad Garuda Muda Indonesia tertinggal lebih dulu dari Thailand berkat gol yang dilesatkan sang Kapten Thailand, Saringkan Promsupa, namun 1 menit kemudian Sani Rizki mampu menyamakan kedudukan 1-1 melalui hasil tendangan kerasnya ke arah gawang Thailand.

Bola tendangan Sani Riski Fauzi mengenai dada pemain Thailand keturunan Italia, Marco Ballini. Sehingga bola berbelok arah dan membuat penjaga gawang Thailand mati langkah, bola pun mengalir pelan ke sisi kanan gawang.

Kiper yang sudah salah langkah hanya mampu menepis sedikit. Bola tetap lolos. GOL pertama untuk Indonesia, sekaligus penyama kedudukan 1-1.

Sani Rizki Fauzi lalu berlari ke pinggir lapangan, mengarahkan hormatnya kepada penonton. Wajahnya kelihatan seperti mau menangis, air matanya terlihat nyaris tumpah.

Gol itupun menjadi noda pertama di gawang Thailand sepanjang laga Piala AFF U22. Sebab, sepanjang laga Piala AFF U22 Thailand memang belom kebobolan sampai akhirnya dibobol oleh pemain Indonesia yang bertubuh kecil itu.

Selang beberapa menit, Osvaldo Haay membuat gol melalui tandukan kepalanya. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Hingga laga usai skor tetap tak berubah 2-1, sehingga skuad Garuda menjadi juara Piala AFF U-22 2019.

Siapakah Sani Rizki Fauzi? Sebab masih banyak yang penasaran tentang sosok pencetak gol pertama buat Indonesia tersebut.

Daripada penasaran lebih baik simak 5 fakta tentang Sani Rizki Fauzi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Debut di Bhayangkara FC

Sani Rizki

Debut professional Sani Rizki Fauzi dilakukan di Bhayangkara FC pada tahun 2018. Pelatih Simon Mc Menemy yang membuat Sani Rizki Fauzi mendapatkan debutnya di Bhayangkara FC.

2. Ternyata Berstatus Polisi

Sani Rizki

Sani Rizki Fauzi juga ternyata berstatus anggota polisi berpangkat Bripda. Nama lengkapnya Bripda Sani Rizki Fauzi.

Sani Rizki Fauzi diterima menjadi siswa kepolisian di SPN Lido pada tahun 2016. Selama 7 bulan dia mengikuti pendidikan kepolisian, dan dilantik menjadi polisi berpangkat Bripda pada 7 Maret 2017. Tahun 2018, dia masuk skuat utama Liga 1 di Bhayangkara FC.

3. Ayahnya Bekerja Serabutan

Sani Rizki

Sani Rizki Fauzi adalah pemuda asal Kampung Kongsi RT 2 RW 5, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Sani Rizki Fauzi berasal dari keluarga sangat sederhana.

Ayah Sani, Edi Riyadi, pernah menjalani berbagai profesi. Mulai dari bekerja sebagai satpam, pengepul barang bekas, dan selama beberapa tahun ini bekerja serabutan baik di kebun atau kuli bangunan. Sedangkan ibunda Sani bekerja sebagai OB di Bank Supra di Cicurug, Sukabumi.

4. Belajar Sepakbola di Sekolah Sepakbola Persatuan Putra Bangsa (PSPB) Cicurug

Sani Rizki

Sejak di bangku kelas 3 SD Sani Rizki Fauzi mulai aktif bermain aktif sepakbola secara benar di PSPB Cicurug. Ibunya yang ngotot mengikutkan Sani di PSPB Cicurug lantaran melihat talenta sepakbola Sani sejak usia 1,5 tahun.

5. Ibunya Penggila Sepakbola

Sani Rizki

Ternyata ngototnya Ida mendukung karir sepakbola anaknya dengan memasukkan Sani ke PSPB Cicurug bukan hanya karena melihat talenta anaknya. Ternyata sang ibu yang bernama Ida itu adalah wanita penggila sepak bola.

Ida pernah lolos seleksi Timnas sepakbola wanita tahun 1987, dan mengikuti traininc camp (TC) Galanita. Tapi ketika itu Ida tak terlalu mendapat restu dari orangtua untuk menekuni sepakbola.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bola

Ramadan, Paul Pogba Pilih Berangkat Umrah

Terkini.id, Jakarta - Pemain muslim asal Prancis yang sekarang bermain di Manchester United, Paul Pogba, memilih mengisi waktu Ramadan dengan melakukan ibadah umrah.Pogba berangkat
Bola

Babak Kedua, PSM Makassar Bantai Lao Toyota 3-0

Terkini.id, Makassar - PSM Makassar menjalani pertandingan terakhirnya dalam ajang Piala AFC 2019 menghadapi tuan rumah Lao Toyota FC. Kedua tim bertanding di New Laos National Stadium, Vientiane,