Jelang Sumpah Pemuda, PDIP Ajak Mahasiswa dan Pemuda untuk Gelorakan Energi Positif Demi Kemajuan Bangsa dan Negara

Terkini.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto berharap, mahasiswa dan pemuda mempunyai ide dan semangat juang demi membentuk karakter dan mentalitas untuk menghapi tantangan zaman terlebih saat pandemi Covid-19.

Selain itu pemuda juga harus selalu menggelorakan energi positif demi kemajuan bersama.

Hal tersebut disampaikan Hasto dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ke-93 dengan tema ‘Nilai-nilai Kebangsaan dalam Bingkai NKRI di Era Disrupsi dan Masa Pandemi Covid-19’ di Universitas Pattimura, Rabu 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Ruhut Sitompul: Demokrat Partai Masa Lalu, Sekarang Bangga Jadi Kader...

Lebih lanjut menurut Hasto, pandemic covid-19 membuat perubahan yang sangat drastis. Terjadi perubahan sistem sosial, pola komunikasi dan perubahan peradaban yang ditandai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas biasa.

Mengutip Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Hasto mengatakan bahwa disrupsi itu dapat diatasi dengan Pancasila.

Baca Juga: Waspada! Varian Baru Covid-19, 5 Kali Lebih Berbahaya daripada Aslinya

“Saat itu Ibu Megawati mengatakan bahwa disrupsi dapat diatasi dengan kepemimpinan strategik yang melekat dengan ideologi bangsa, yaitu Pancasila. Pancasila menjadi dasar dan tujuan dalam menghadapi turbulensi peradaban,” katanya.

Selanjutnya menurut Hasto, Indonesia bisa mengatasi ujian Covid-19 selama punya semangat dan mentalitas juang.

“Pancasila menjadi fundamen kita dalam menghadapi disrupsi,” ucap Hasto, dilansir dari Liputan6.

Baca Juga: Waspada! Varian Baru Covid-19, 5 Kali Lebih Berbahaya daripada Aslinya

Diketahui sebelumnya bahwa jauh sebelum tahun 1945, tepatnya 28 Oktober 1928 para pemuda sudah punya daya imajinasi tentang masa depan.

“Janji para pemuda yang menyatakan kita adalah satu bangsa. Bung Karno mengingatkan dari Sabang sampai Merauke bukan hanya rangkaian empat kata-kata tapi satu kesatuan cita-cita. Dia adalah satu nasional entitas, satu kesatuan tujuan, satu semangat like a burning of fire. Ini menggambarkan semangat dari sumpah pemuda,” jelas Hasto.

Oleh karena itu, pemuda termasuk mahasiswa memiliki visi misi dan daya imajinasi untuk menjawab tantangan zaman.

Lebih lanjut Hasto mendorong pemuda memperkuat tradisi membaca, menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi, mengedepankan riset dan inovasi serta menggelorakan energi positif di lingkungannya.

“Marilah menggelorakan energi positif dalam menghadapi tantangan zaman demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” kata Hasto.

Hal itu, kata Hasto, demi kemajuan Indonesia yang begitu besar dari Sabang Sampai Merauke, Miangas sampai Rote yang patut diperjuangkan bersama.

Bagikan