Masuk

Jepang Sukses Kunci Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022 dengan Status Jawara Grup E!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Jepang memberikan kejutan dengan sukses mengunci tiket 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status jawara Grup E. Skuad Samurai Biru berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 pada laga pamungkas penyisihan Grup E.

Pertandingan ini digelar di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Qatar pada Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB.

Dalam pertandingan ini Spanyol lebih menguasai jalannya laga, pada menit ke-11 Spanyol unggul lebih dulu melalui sundulan Alvaro Morata. Gol tersebut berawal dari umpang silang Cesar Azpilicueta dan akhirnya Morata sukses menyambut bola untuk menjebol gawang Jepang.

Baca Juga: Presiden Turki Sebut Cristiano Ronaldo Korban Politik di Piala Dunia Hingga Jarang Dimainkan

Hingga babak pertama usai skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Jepang mencoba merubah strategi permainan dan menambah intensitas serangan. Hasilnya pada menit ke-48, tendangan keras Ritsu Doan dari luar kotak penalti sukses merobek jala gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Jepang benar-benar memberikan kejutan dengan menambah keunggulannya, Ao Tanaka berhasil mencetak gol di menit ke-51. Berawal dari umpan tarik Kaoru Mitoma dari sisi kiri.

Baca Juga: Lionel Messi Dikabarkan Masuk Daftar Pertimbangan Ikon Mata Uang Argentina

Umpan yang dikirimkan Kaoru Mitoma sempat ditinjau wasit melalui VAR karena bola diduga sudah keluar garis gawang. Namun setelah dicek, akhirnya gol tersebut dianggap sah. Jepang akhirnya unggul 2-1 atas La Furia Roja.

Pemain Jepang Ao Tanaka yang sukses mencetak gol penentu kemenangan Jepang atas Spanyol setelah menerima umpan krusial Kaoru Mitoma. (Foto: Twitter @FIFAWorldCup)

Spanyol yang tertinggal 1-2 dari Jepang membuat skuad asuhan Luis Enrique lebih meningkatkan permainannya, mereka mencoba meningkatkan tempo permainan dan perpindahan bola cepat.

Skuad La Furia Roja juga beberapa kali melakukan umpan satu dua di kotak penalti Jepang, namun upaya tersebut masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Maya Yoshida dan kawan-kawan.

Selain itu, penampilan apik kiper Jepang Shuichi Gonda patut diapresiasi. Setidaknya ada dua penyelamatan gemilang yang dilakukan Gonda untuk menggagalkan tendangan Marco Asensio dan Yeremi Pino.

Baca Juga: Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 2022, Enzo Fernandez Jadi Rebutan Dua Klub Besar Eropa!

Hingga peluit panjang dibunyikan, Spanyol gagal mencetak gol penyama kedudukan. Spanyol harus rela mengakui keunggulan Jepang, Skor 2-1 keunggulan Jepang menjadi saksi di pertandingan panas dini hari tadi.

Hasil ini menjadikan Jepang sebagai jawara Grup E dan memastikan tiket 16 besar Piala Dunia 2022. Jepang berhasil mengoleksi enam poin setelah berhasil mengalahkan raksasa Eropa Jerman dan Spanyol meski sempat kalah atas Kosta Rika.

Sementara Spanyol juga mendampingi Jepang dengan status runner up Grup E dengan mengoleksi empat poin.

(Sumber: cnnindonesia.com)