Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Salami Komandan Upacara Hari Kemerdekaan

Jokowi
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla di Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi RI. (Foto: Kumparan)

Terkini.id, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 17 Agutsus 2019.

Setelah upacara, tampak Jokowi menghampiri para tamu undangan untuk bersalam-salaman.

Pada mulanya, ia hanya bersalaman dengan tamu yang duduk di bangku utama seperti Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, istri almarhum Presiden ke-4 Gus Dur, Sinta Nuriyah, dan tamu utama lainnya.

Namun, tiba-tiba Jokowi turun dari panggung utama dan menuju lapangan upacara. Hal itu ia lakukan untuk bersalaman dengan Komandan Upacara Kolonel Laut Haryo Poernomo.

Jokowi
Presiden Jokowi menyalami Komandan Upacara Hari Kemerdekaan. (Foto: Poskotanews)

Tak hanya sekedar bersalaman, Jokowi juga menepuk lengan Haryo sebanyak lima kali, sebagai ungkapan terima kasih karena telah menjalankan tugas dengan baik.

Aksi Jokowi tersebut menjadi yang pertama kalinya dilakukan oleh seorang Presiden RI. Tindakannya itu pun disambut tepuk tangan meriah seluruh tamu undangan.

Sekedar diketahui, Kolonel Laut (P) Haryo Poernomo merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut 1997.

Saat ini, Haryo menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Seperti tahun sebelumnya, Jokowi juga mendatangi tamu dan masyarakat yang diundang ke Istana, didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dengan mengenakan busana adat Bali (Jokowi) dan Aceh (JK), Presiden dan Wapres menyapa tamu dengan ramah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Bupati Gowa Jadi Irup Peringatan HUT PMI ke-74

Terkini.id,Gowa - Bupati Gowa yanh sekaligus sebagai Ketua terpilih PMI Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Bersama Jajaran Polres
News

Gubernur Sulsel Masuk Jadi Calon Menteri Pertanian

Terkini.id -- Dalam situs detik.com/jokowi-cari-menteri, nama Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah masuk dalam daftar calon Menteri Pertanian, jelang pelantikan dan pembentukan kabinet presiden dan