Jokowi Minta Warga Tetap di Rumah, Wapres Malah Serukan Berwisata

Terkini.id, Jakarta – Publik belum lama ini menyoroti pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin terkait larangan bepergian bagi warga selama pandemi Covid-19.

Sorotan terhadap pernyataan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin itu muncul lantaran publik menilai seruan kedua pemimpin RI itu bertolak belakang.

Diketahui, selama pandemi masih berlangsung Presiden Jokowi meminta warga tetap tinggal di rumah atau tak bepergian ke mana-mana.

Baca Juga: Sebelum Masuk Penjara, Bahar Ancam Jokowi: Tunggu Saya Keluar dan...

Selain itu, mantan Gubernur DKI tersebut juga mengingatkan masyarakat untuk segera vaksin demi keselamatan bersama.

“Jika sudah ada kesempatan mendapat vaksin, segera ambil, jangan ada yang menolak. Ini demi keselamatan kita. Vaksin merupakan upaya terbaik yang tersedia saat ini,” ujar Presiden Jokowi di Istana pada Rabu, 23 Juni 2021 lalu.

Baca Juga: UU Ciptaker Diputuskan Inkonstitusional Bersyarat, MS Kaban Sentil Jokowi: Logika...

“Maka sebelum itu (kekebalan komunitas) tercapai, kita harus tetap berdisiplin dan menjaga diri terutama memakai masker. Saya minta satu hal yang sederhana ini, tinggallah di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak,” sambungnya.

Mengutip Hops.id, seruan Jokowi tersebut bertolak belakang dengan pernyataan Wapres Maruf Amin yang malah mendorong masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat.

Menurut Wapres, hal itu demi mendukung kemajuan pariwisata nasional. Selain itu, Ma’ruf juga mendorong tempat wisata di wilayah Papua agar ramah terhadap pelancong beragama Islam.

Baca Juga: UU Ciptaker Diputuskan Inkonstitusional Bersyarat, MS Kaban Sentil Jokowi: Logika...

“Saya ingin mendorong agar destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim agar merasa nyaman dan betah, seperti tempat shalat dan makanan atau restoran halal,” kata Wapres Ma’ruf Amin di acara virtual bertajuk ‘Raja Ampat E-Festival 2021’ yang digelar baru-baru ini, dikutip dari Era.id.

“Siapkan pula sentra-sentra kuliner dengan konsep desain yang kekinian, namun tetap menunjukkan ciri khas budaya Papua, serta memenuhi standar protokol kesehatan,” tambahnya.

Kendati mendorong warga untuk pergi berwisata, namun Wapres juga tak lupa menekankan agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Berwisatalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Bagikan