Jokowi Tinggalkan Natuna, Kapal-kapal China Kembali Beroperasi Tangkap Ikan

Kapal coast guard China terlihat di Perairan Natuna dengan lampu sorot. (Antarafoto)

Terkini.id, Natuna – Presiden Joko Widodo sebelumnya mengunjungi Kepulauan Natuna pada Rabu 8 Januari 2020 lalu. Saat itu, kapal-kapal dari China yang sebelumnya beroperasi keluar dari perairan Natuna.

Kini, setelah 3 hari kedatangan Jokowi di Natuna, kapal-kapal Coast Guard China terlihat kembali beroperasi pada Sabtu 11 Januari 2020 kemarin.

Melansir dari antara, Kapal Coast Guard China-5302 bahkan memotong haluan KRI Usman Harun-359 pada jarak 60 yards (sekitar 55 meter).

Hari itu, kapal KRI melaksanakan patroli mendekati kapal nelayan pukat China yang melakukan penangkapan ikan di ZEE Indonesia Utara Pulau Natuna.

Dari beberapa foto, terlihat Kapal Coast Guard China-5202 juga membayangi KRI Usman Harun-359 dan KRI Karel Satsuitubun-356.

Disebutkan, sedikitnya ada enam kapal Coast Guard China, satu kapal pengawas perikanan China, dan 49 kapal nelayan pukat China yang beroperasi menangkap ikan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau, tersebut.

Ada tiga kapal Indonesia yang berpatroli dan bertemu  kapal China beroperasi, antara lain KRI Usman Harun-359 bersama KRI Jhon Lie-358 dan KRI Karel Satsuitubun-356.

Seperti diketahui, saat ini TNI masih mengencangkan kekuatan di Natuna. Operasi laut dan udara pun lebih diintensifkan. Dalam sehari, TNI mengupayakan satu sampai dua flight. Satu flight berisi 4 pesawat TNI.

Sementara untuk operasi laut, delapan KRI TNI AL berada di Natuna untuk mendukung operasi tersebut. Formasi tempur ini akan tetap berada di Natuna hingga situasi normal.

Komentar

Rekomendasi

Tahun 2020, Irjen Sunraizal Target 20 Satker Bepredikat WBK maupun WBBM

Kucing Ini Kumpulkan Uang Setiap Hari, Tuannya Heran Dari Mana Asalnya

Anaknya Demam, Inul Terbang ke Singapura Beli Mainan

Infografik: Berbagai Langkah PDIP Melawan KPK

Virus Misterius dari China Sudah Menginfeksi Ratusan Orang, Sebabkan Flu hingga SARS

Puluhan Jemaah Umrah Jadi Korban Banjir dan Longsor, Hampir Gagal Berangkat

Pemprov DKI Jakarta Gunduli Kawasan Monas, 190 Pohon Ditebang

Satu-satunya di Indonesia, Jakarta Raih Penghargaan Dunia di Bidang Transportasi

Gara-gara Karet Rp17.000, Kakek Samirin Dilapor Tanpa Ampun Bridgestone lalu Dibui

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar