Jurnalis Gowa Kembali Serahkan APD ke Tenaga Medis di Puskesmas Pattallasang

Jurnalis Gowa Kembali Serahkan APD ke Tenaga Medis di Puskesmas Pattallasang/ ist

Terkini.id, Gowa – Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Kriminal (Kowari) dan Forum Wartawan Gowa (Forwag) kembali menyerahkan alat pelindung diri (APD) bagi paramedis yang menjadi gugus penanganan Covid-19.

Setelah menyerahkan APD untuk tim kesehatan RSUD Syekh Yusuf Gowa, kini Kowari menyerahkan APD yang sama ke Puskesmas Pattallassang di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Penyerahan APD berupa masker, sarung tangan, pelindung kepala, kacamata dan mantel (baju pelindung) dilakukan, Sabtu 3 April 2020 pukul 11.00 Wita di Puskesmas Pattallassang.

APD ini diserahkan Koordinator Kowari – Forwag Gowa Saribulan didampingi sejumlah anggota yakni Memet, Arbab dan Junaedi.

APD sebanyak empat jenis ini diterima Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Pattallassang dr Ridha didampingi Ketua Tim Evakuasi Covid-19 H Rusli Husain dan para tim medis lainnya.

Baca juga:

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Puskesmas Pattallassang dr Ridha mengatakan, khusus di Puskesmas Pattallassang diakui status penderita kategori PDP atau pasien dalam pengawasan tidak ada, begitu juga dengan status positif nihil.

“Yang ada hanya status ODP atau orang dalam pemantauan, itu pun hanya dua orang. Namun meski kondisi jumlah ODP, PDP dan positif masib cenderung minim namun kami tetap meningkatkan kewaspadaan. Sasaran kami sekarang adalah mendeteksi OTG atau orang tanpa gejala yang bisa menjadi kurir bagi virus corona ini,” jelas dr Ridha.

Upaya kewaspadaan yang dilakukan pihak Puskesmas Pattallassang adalah rutin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, melakukan social distancing dan physical distancing.

“Kami juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan khususnya pada kawasan dimana dua ODP berada yang kini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Jika kami melihat kondisi saat ini khusus di wilayah cakupan kami Pattallassang tidak ada kasus baru, semoga tidak ada lagi,” jelas dr Risha.

Sementara itu, Koordinator Kowari- Forwag Gowa Saribulan mengatakan, meski APD yang diserahkan jauh dari kualitas standar namun diharapkan APD ini bermanfaat bagi para tenaga medis di Puskesmas Pattallassang dalam menangani covid-19 ini.

“Kami berterima kasih kepada pada donatur yang berpartisipasi pada Kowari-Forwag Peduli ini, amanah para donatur telah kami sampaikan kepada paramedis di RSUD Syekh Yusuf dan Puskesmas Pattallassang,” tuturnya.

“Mari dukung bersama imbauan pemerintah untuk diam di rumah saja demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini, semoga cepat berlalu,” kata Saribulan yang juga Kepala Perwakilan Harian Beritakota Makassar untuk Gowa.

Komentar

Rekomendasi

Muslimah Wahdah se-Indonesia  Silaturahmi Virtual Akbar

Eratkan Silaturahmi di Tengah Pandemi, DPP KKB Gelar Halal Bihalal Virtual

Pj Wali Kota Makassar Ramaikan Lebaran Virtual Smansa 89 Makassar

Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia XV Resmi Ditunda

Kandaya Squad: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar