Masuk

Minta Para Seniman Budayawan Rutin Dialog, Kang Emil: Jangan Takut Soal Logistik!

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Jakarta – Maraknya Isu –Isu Nasional yang menuai sorotan publik, membuat Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, meminta para seniman dan budayawan Jawa Barat rutin melakukan dialog. 

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil usai menghadiri halal bihalal Seniman Budayawan Mangle di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung.

Menurut Kang Emil sapaan akrabnya, banyak isu-isu nasional baik tentang kebudayaan maupun hal lainnya kurang ditanggapi oleh para tokoh di Jabar maupun seniman budayawannya.

Baca Juga: Waduh Label Gereja Pemberi Bantuan Kok Dicabut, Ridwan Kamil: Sangat Disesalkan

“Warga Jabar jangan hanya jadi keset saja dan hanya dibutuhkan saat Pemilu saja. Kita harus bersuara agar diperhatikan secara nasional,” terangnya.

Selain itu, menurut Kang Emil, secara sumber daya manusia (SDM), Seniman Budayawan maupun tokoh di Jabar cukup mumpuni.

“Ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Jawa Barat. Maka perbanyaklah dialog dan diskusi dan berikan kami (pemerintah) masukan-masukan untuk kemajuan Jawa Barat,” ujarnya. Dikutip dari Galamedia. Rabu, 11 Mei 2022.

Baca Juga: Ridwan Kamil Geram dengan Aksi Intoleran di Pengungsian Cianjur: Pancasilanya Dangkal

Dikatakannya, dialog budaya ini jangan hanya inisiatif dari pemerintah saja. Namun alangkah lebih baik datang langsung dari kalangan seniman budayawan.

“Kami dari pemerintah siap memfasilitasi. Pokoknya jangan takut soal logistik,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Kang Emil pun menegaskan dukungan pada seniman budayawan Jawa Barat akan dimaksimalkan asalkan untuk kemajuan kebudayaan Jawa Barat.

Kang Emil pun menyebutkan pihaknya memiliki ribuan naskah nadoman (dakwah) yang ditulis oleh kakeknya Kyai Muhidin.

Baca Juga: Update Korban Tewas Gempa Cianjur: 162 Orang, Kemungkinan Korban Bertambah

Ia pun menantang ISBI Bandung untuk bisa menyiapkan para sinden yang bisa menembangkan naskah nadoman tersebut dengan langgam pupuh Dangdanggula.

Sementara menanggapi keinginan Gubernur Jabar tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Benny Bachtiar menyebutkan akan menggelar kegiatan kebudayaan termasuk silaturahmi atau dengan seniman budayawa Jawa Barat.

Salah satu kegiatan yang akan digelar dalam wajtu dekat ini yakni festival seni budaya Jawa Barat.

“Insya Allah pada bulan Agustus atau September kami akan menggelar festival seni budaya Jawa Barat,” katanya.

Benny pun menyebutkan dari sikaturahmi seperti yang dilakukan oleh Mangle ini setidaknya akan memberikan motivasi pada seniman dan budayawan yang selama dua tahun ini vakum akibat pandemi Covid-19 untuk melakukan dialog.

“Dari dialog-dialog ini akan mengkerucut apa saja yang dibutuhkan para seniman budayawan untuk diinformasikan pada pemerintah. Mudah-mudahan kami bisa memfasilitasinya,” katanya.