Kehilangan Ulama Karismatik, Joko Widodo Cerita Tentang ‘Sorban Hijau’ Mbah Moen

Terkini.id, Makkah- Innalilahi wainnailahi rojiun, kabar duka menyelimuti tanah air ulama besar kiai karismatik H Maimun Zubair atau Mbah Moen meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, wafat saat tengah menjalankan ibadah haji.

Dikabarkan Mbah Moen tutup usia, usai salat subuh sekitar pukul 04.30 waktu setempat di Rumah Sakit Ann Nur, Makkah Selasa 6 Agustus 2019.

Diketahui Mbah Moen wafat pada usia 90 tahun yang kelahiran 28 Oktober 1928. Kehilangan sosok ulama kharismatik Mbah Moen, sebuah kehilangan besar bagi kita semua ummat islam, bangsa dan negara.

Baca Juga: Ulama Mekkah Pimpin Doa Pemakaman KH Maimun Zubair

Atas kepergian Mbah Moen, Presiden Joko Widodo juga turut menyampaikannya rasa kehilangannya sosok ulama kharismatik, diketahui saat Joko Widodo memposting foto kenangannya bersama Mbah Moen di akun Instagram pribadinya Selasa 6 Agustus 2019.

Di akun Instagram pribadi Joko Widodo ia menulis tentang sosok ulama kharismatik Mbah Moen dan sorban hijau pemberian Mbah Moen.

Presiden Joko Widodo dan Mbah Moen(foto screenshot Instagram)

“Saya masih menyimpan sorban hijau ini-sorban yang dikalungkan sendiri oleh Kiai Haji Maimun Zubair. Sudah dua kali saya berkunjung ke kediaman beliau di pondok pesantren Al-Anwar di Sarang,  dua kali pula diajak masuk ke kamar beliau, terakhir kami salat maghrib berjamaah di kamar itu. Beliau yang jadi imamnya. Dan hari ini kita mendengar kabar duka, Mbah tau berpulang ke hadirat Allah SWT di Makkah. Innalilahi wa inna ilahi rajiun. Kepergian Mbah Moen tidak saja sebuah kehilangan besar bagi saya dan keluarga besar pondok pesantren Al Anwar Rembang,  Jawa Tengah tapi juga Ummat islam dan seluruh rakyat Indonesia. Semesa hidupnya yang panjang, Mbah Moen begitu karismatik, selalu jadi rujukan bagi umat islam terutama dalam Soal-soal fiqih. Juga kegigihan almarhum dalam menyampaikan masalah NKRI harga mati. Atas nama mendalam. Semoga Allah SWT memberinya tempat yang lapang di sisiNya,  dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran. Amin ya rabbal alamin,” tulis Joko Widodo di caption postingannya.

Bagikan