Keren! Kecil Jadi Pemulung, Wanita Ini Jadi Lulusan Terbaik di Melbourne

Terkini.id, Jakarta – Di tengah keterbatasan, banyak orang yang sukses melewati segala aral rintangan untuk menjadi sukses.

Salah satunya adalah semangat bersekolah ke jenjeng pendidikan yang bergengsi, meskipun terbatas dari sisi ekonomi.

Banyak anak-anak kurang mampu yang seharusnya bisa bersekolah tapi akhirnya terpaksa bekerja di jalan demi membantu kedua orang tuanya.

Hal ini yang dialami Sophy Ron, seorang gadis asal Kamboja. Hingga usianya 11 tahun, Sophy sama sekali tidak bisa sekolah.

Sejak kecil, Sophy sudah bekerja sebagai pemulung, memilih-milih sampah, hingga rela menghirup gas beracun demi bertahan hidup.

Sophy bahkan pernah makan dari sisa makanan di tempat pembuangan.
Akan tetapi, keterbatasan itu tidak membuat Sophy menyerah. Terbukti, dia berhasil memperoleh beasiswa penuh dan berhasil jadi lulusan terbaik Trinity College Foundation Studies, sekolah setingkat SMA di bawah University of Melbourne, Australia.
Dalam upacara kelulusannya, gadis ini memperoleh kehormatan untuk menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris.

Kisah sukses Sophy ini pun diunggah oleh Cambodian Children’s Fund (CCF) di Facebook, sebuah lembaga non-profit yang bertujuan untuk membantu anak-anak kurang mampu mendapatkan pendidikan layak.
Lihat Juga

Kisahnya pun viral hingga memperoleh 47 ribu reaksi dan telah dibagikan sebanyak 10 ribu kali. Banyak warganet yang salut dengan perjuangan Sophy salah satunya Miriam F. Gimena, “Selamat Sophy, terulah berjuang. Aku mengagumi kamu. Tuhan memberkati.”

Berita Terkait
Komentar
Terkini