Masuk

Kereta Api Sulsel Tahap Pertama Melintasi Jalur Barru-Pangkep

Komentar

Terkini.id, Makassar – Kereta Api (KA) pertama di Sulawesi akan beroperasi secara terbatas Sabtu 29 Oktober 2022.

Akan melintasi rel dengan jarak tempuh 66 kilometer akan menjangkau dan melayani pengguna di 7 stasiun selama pengoperasian terbatas.

“Jadi total layanannya (pengoperasian terbatas) itu kurang lebih 66 kilometer, melalui 7 stasiun,” ungkap Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel Amanna Gappa sebagaimana dilansir terkini.id dari detik.com, Jumat 28 Oktober 2022.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Lantik 23 Pejabat Eselon III dan 207 Kepala Sekolah

Lebih lanjut, ia menguraikan pengoperasian terbatas itu nantinya kereta melayani rute mulai Stasiun Garongkong yang ada di Barru sampai Stasiun Mangilu di Pangkep begitupun sebaliknya.

“Antara lain Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, sama Stasiun Mangilu,” Urai BKPA Sulsel Amanna Gappa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadisbub) Sulsel Muhammad Arafah mengungkapkan alasan pengoperasian terbatas ini, salah satunya karena sarananya belum siap, seperti gerbong yang digunakan tahap pertama telah dimodifikasi sambil menunggu gerbong yang baru.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Siap Tampilkan 100 Lebih Produk Unggulan di Inacraft 2023

“Saat ini masih menggunakan gerbong penumpang, dengan  jumlah penumpang 80-100. Gerbong yang baru informasinya baru dapat digunakan pada Januari nanti, rencananya dua gerbong,” kata Arafah 26 Oktober 2022 dilaman website sulselprov.go.id.

Beredarnya informasi ini terutama daerah kabupaten yang akan dilintasi Kereta Api, Gubernur Andi Sulaeman dalam akun Instagramnya memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat.

“Tentu apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat termasuk Kemenhub bersama Balai Kereta Api, Kadishub provinsi bersama jajaran dan Pemkab Barru-Pangkep,” kata Andi Sudirman Sulaeman sebagaimana dilihat terkini.id, Sabtu 29 Oktober 2022 di akun Instagramnya.

Balai pengelolaan kereta api Sulsel sendiri telah memastikan semua persiapan termasuk pengecekan kelayakan tim dari PT KAI-perseroda SCI.