Masuk

Komentari Trading Crypto, Arsjad Rasjid: Bisa Sebabkan Ekonomi Turun!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Ketua umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin, Arsjad Rasjid, mengomentari maraknya trading crypto. Menurutnya, trading crypto dapat berdampak negatif berupa penurunan ekonomi.

Pernyataan tersebut disampaikan Arsjad Rasjid ketika dirinya menjelaskan soal digitalisasi ekonomi, kemudian pembahasan bergeser kepada trading crypto. Menurut Arsjad, jika tidak dipahami dan dikelola dengan baik, kegiatan trading crypto dapat mengakibatkan penurunan ekonomi.

Latarbelakang dari pernyataan Arsjad Rasjid adalah pertanyaan  Deddy Corbuzier, dirinya meminta pendapat kepada Arsjad soal berita warga yang bunuh diri akibat mengalami kerugian dari trading crypto.

Baca Juga: Xi Jinping Nyatakan China Hadapi Tantangan Berat Dalam Hadapi Gelombang Covid-19

Mulanya, Arsjad menjelaskan tentang crypto, kemudian dirinya menceritakan fenomena di Amerika soal crypto.

“We have to understand (kita harus tahu) crypto itu apa?,” ujar Arsjad Rasjid dalam video yang diunggah channel youtube Deddy Corbuzier, pada Selasa, 22 Februari 2022, dengan judul ‘Mau Kaya Malah Matek Kan Dobol!!’.

“Crypto itu adalah suatu metode ekonomi new money. Tapi kita juga gak bisa hanya jual beli saja,” ujar Arsjad Rasjid melanjutkan.

Baca Juga: Deddy Corbuzier dapat Pangkat Letkol Tituler, Mikhael Sinaga Sebut Seharusnya Youtuber

“Ekonomi ini gak bisa cuma hanya jual beli crypto saja, karena kan realitasnya kita membutuhkan bermacam-macam, sebagai manusia memerlukan hal itu,” ujar Arsjad Rasjid melanjutkan.

Meski demikian, Arsjad Rasjid tetap membolehkan kegiatan crypto, selama si pelaku trading memiliki pekerjaan tetap atau usaha pribadi di luar crypto.

“Maka dari itu apa yang harus kita lakukan? yes, boleh kita anggap crypto itu sebagai investasi, kita lakukan itu,” ujar Arsjad Rasjid menjelaskan.

“Tapi kerja tetep kerja, kita punya usaha harus tetap punya usaha, karena kalau depends on (tergantung) itu aja, no no no!,” ujar Arsjad Rasjid menjelaskan.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Pamit Sementara dari Youtube

Kemudian, Arsjad Rasjid berpendapat bahwa trading crypto dapat memberikan dampak penurunan ekonomi.

“Ini yang terjadi, scarry (menakutkan), di Amerika sekarang sejak covid ini ya, karena kan mereka dikasih tuh bantuan entah berapa ratus dollars lah ya,” ujar Arsjad Rasjid menjelaskan.

“Dia (warga Amerika) mulai main crypto nih, apa yang terjadi sekarang? if you go to USA, saya udah lama ya gak ke USA, tapi what I hear di sana banyak orang-orang udah gak mau kerja,” ujar Arsjad Rasjid melanjutkan.

“Karena alasannya yang pertama dapat bantuan sosial, lalu uang itu bisa dipakai main, pakai crypto, yang dia bisa itu ya kan?,” ujar Arsjad Rasjid melanjutkan.

“What happening? ekonominya bisa turun!,” ujar Arsjad Rasjid menandaskan.