Komunitas CRBC Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Bersepeda

Celebes Road Bike Community (CRBC)

Terkini.id,Makassar – Celebes Road Bike Community (CRBC) mendorong anggotanya untuk sigap menghadapi keadaan yang tidak terduga ketika melakukan perjalanan panjang dalam bersepeda. Dengan menghadirkan spesialis Ortopedi dan Traumalogi, dr Notinas Horas guna membekali pengetahuan penanganan darurat terhadap anggota terkait kecelakaan bersepeda.

dr Notinas Horas memberi penjelasan terkait mengapa orang kehilangan kesadaran. Selain itu beberapa kali diadakan simulasi menghadapi korban kecelakaan. Mulai dari pelatihan CPR, cara penanganan hingga posisi dalam memberikan pertolongan pertama. Bertempat di Warkop Turatea, Jalan Haji Bau, Makassar, Jumat 1 Januari 2019.

“Dua alasan mengapa orang kehilangan kesadaran. Penyebabnya otak dan Jantung, kalau aliran darah ke otak berkurang, otak tidak punya bahan bakar untuk bekerja akibatnya blank, penyebabnya banyak, misalnya karena kepanasan. Ketika jantung tidak sanggup memompa darah ke otak dalam jumlah yang cukup, maka itu penyakit jantung. Maka untuk kasus pingsan misalnya itu bisa oleh dua hal; jantung dan otak,” katanya di hadapan puluhan anggota CRBC

Terpisah, Ketua CRBS Ronny Wijaya menyebut sejak dibentuk komunitas ini hingga sekarang anggota yang terdaftar berjumlah 70 orang.

Ketika di tanya mengapa memilih Road Bike atau sepeda balap bukanya MTB atau sepeda gunung dalam komunitas CRBC, dia mengatakan karena dengan waktu yang singkat bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya.

“Dengan road bike hanya butuh waktu satu atau satu jam setengah sudah mendapat kalori sekitar seribuan, kalau MTB waktunya panjang sekali, mulai jam 5 subuh sampai jam 2 dengan kalori hanya 2 ribuan,” Ungkap Ronny

Dalam waktu dekat, Kata Ronny, akan membuat kegiatan race (balapan) dengan skala Makassar untuk memperlihatkan bahwa di Makassar juga ada pembalap. Sebelumnya CBRC Sudah dua kali tur ke Bira, dan dalam waktu dekat akan kembali ke Bira untuk ke tiga kalinya, dengan jarak tempuh 196 kilo.

“Jarak dari Makassar ke Bira cukup menantang dan elevasinya tidak ekstrim, kita long tapi nyaman, walau yang berumur pun mampu, dan setelah sampai ke sana, pemandangannya indah, bisa renang, dan banyak tempat penginapan,” katanya memberi alasan mengapa memilih Bira

Dia berharap ke depan ada jalur tersendiri untuk sepeda di Kota Makassar seperti di luar negeri, macam Australia dan Singapura, selain menguntungkan sekaligus mengurangi polusi.

“Dengan bersepeda salah satu sarana untuk kebugaran, sehat, masyarakat yang senang bersepeda sudah pasti paham efeknya. Kami juga mengajak masyarakat untuk bergabung dalam CRBC,”tutupnya.

Komentar
Terkini