Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Ini Bantu Jaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Muslimah Wahdah
Perangi Covid-19, Muslimah Wahdah Ajak Masyarakat Perbanyak Konsumsi Nutrisi

Terkini.id – Pandemi Covid-19 masih terus bergulir. Masyarakat masih dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti. Dan bahkan tidak sedikit masih merasa khawatir terpapar Covid-19.

Berbagai anjuran pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi hingga aturan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 terus dikampanyekan bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19.

Untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko infeksi, makanan kaya nutrisi adalah solusi terbaik. Disadur suaracom jaringan terkini.id, disebutkan empat nutrisi yang diperlukan dalam menghadapi virus corona Covid-19, antara lain:

Vitamin C

Banyak ahli selama pandemi telah memuji manfaat kesehatan dari makanan kaya vitamin C.

Menarik untuk Anda:

Vitamin C dianggap sebagai antioksidan kuat di mana menetralkan senyawa tidak stabil dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan pada sel. Anda disarankan untuk konsumsi setidaknya 90 mg vitamin C per hari agar tetap bugar.

Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan. Sistem kekebalan yang kuat melindungi dari patogen penyebab penyakit dengan menciptakan antibodi.

Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi dan imunoregulasi yang sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh. Sementara kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan infeksi penyakit dan gangguan terkait kekebalan.

Vitamin E

Vitamin E larut dalam lemak tubuh dan penting untuk menjaga fungsi normal sel-sel kekebalan. Selain efek imunomodulatornya, vitamin E juga membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Asupan Vitamin E yang direkomendasikan pada orang 14 tahun ke atas adalah 15 mg. Vitamin E bisa didapatkan dari biji bunga matahari, almond, hingga kacang tanah.

Zinc

Zinc memiliki peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Nutrisi ini mengaktifkan sekitar 300 enzim dalam tubuh yang membantu memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan pembelahan dan pertumbuhan sel, mempercepat menyembuhkan luka, serta mensintesis protein dan DNA.

Asupan zinc juga membantu mengurangi durasi flu biasa. Beberapa sumber zinc umumnya terdapat pada daging, kerang, ayam, kacang-kacangan, jambu mete, jamur, biji labu, dan lain sebagainya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mengenal Sinovac, Perusahaan Tiongkok yang Kirim Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Orangtua Perlu Tahu, Ini Cara Agar Anak Tak Stress Hadapi Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar