LACAK Bacukiki Resmi Ditetapkan Masuk Top 10 Inovasi Parepare

LACAK Bacukiki Resmi Ditetapkan Masuk Top 10 Inovasi Parepare

Terkini.id, Parepare Inovasi Layanan Aplikasi Cek Data Keluarga Penerima Manfaat disingkat LACAK dari Pemerintah Kecamatan Bacukiki, setelah ditetapkan masuk dalam top 10 inovasi tingkat Kota Parepare Tahun 2019, tahapan selanjutnya dilakukan validasi lapangan oleh tim penilai dari LAN Makassar, Kamis 19 Desember 2019.

Tim penilai validasi lapangan diterima langsung Camat Bacukiki, di ruang kerjanya yang didampingi pejabat struktural kecamatan, operator LACAK dari kelurahan, serta perwakilan unsur masyarakat yaitu ketua RW dan perwakilan masyarakat penerima manfaat di Kecamatan Bacukiki.

Camat Bacukiki, Saharuddin saat menerima kunjungan tim validasi mengungkapkan LACAK merupakan inovasi dan terobosan yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Bacukiki sebagai upaya dan langkah dalam meminimalisir bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Tentunya kami mengambil peran agar penyaluran bantuan itu dapat lebih tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab menurut kami kecamatan dan kelurahan inilah yang menjadi pintu awal masuknya usulan-usulan masyarakat misalnya melalui Musrenbang,” jelasnya.

Dikatakan Saharuddin, dengan hadirnya LACAK ini dapat memperkuat fungsi kontrol dan pengawasan terhadap para penerima KPM program pengentasan kemiskinan.

“Harapan kami output dari aplikasi ini dapat menjadi salah satu bahan pengambil kebijakan Pemeritah Kota Parepare melalui SKPD teknis dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat,” terangnya.

Terpisah, Kasi Ekonomi dan Kesra Kecamatan Bacukiki, Ita Purnamasari mengatakan keseluruhan proses pelaksanaan inovasi Layanan Aplikasi Cek Data Keluarga Penerima Manfaat (LACAK) memiliki keunikan tersendiri. Di samping sebagai bank data yang berisi informasi para keluarga penerima manfaat, pemerintah kecamatan juga akan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Parepare untuk mengecek data kependudukan dari para keluarga penerima manfaat.

“Upaya ini dilakukan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya admin induk. Tidak hanya itu, data ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang dapat digunakan oleh SKPD terkait dalam rangka penentuan programnya. Tentunya yang diharapkan dengan hadirnya LACAK ini sebagai langkah kecil yang dilakukan pemerintah kecamatan dengan kepedulian yang besar,” tandasnya.

Sebelumnya, inovasi LACAK Bacukiki lolos dalam penilaian portofolio dan telah dilakukan presentasi dan wawacara di hadapan tim panelis Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kota Parepare beberapa waktu lalu di Ruang Data Kantor Walikota Parepare.

Komentar

Rekomendasi

Terus Lawan Covid-19, ini Imbauan Walikota Parepare

Walikota Parepare Apresiasi Manajemen RSUD Andi Makkasau

Antisipasi Covid-19, Pemkot dan Dinkes Parepare Perketat Pengawasan Penumpang Kapal

Sejumlah Ormas di Parepare Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Angkutan Umum

Jubir Covid-19 Parepare : Isolasi Penumpang Kapal Hanya yang Masuk Parepare

Musrenbang RKPD Parepare Dirancang Gunakan Metode Teleconference

Nurdin Abdullah Minta Taufan Pawe Lakukan Karantina Bertahap di Pelabuhan Parepare

Terungkap Obat yang Dipakai Rawat Pasien Positif Corona di RSUD AM Parepare

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar