Latih Calon Relawan, Ini yang Dilakukan Komunitas Sahabat Netra

Sahabat Netra
Relawan Komunitas Sahabat Netra

Terkini.id, Gowa – Komunitas sosial, yang juga mitra Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Sulawesi Selatan, Sahabat Netra, mengadakan kegiatan Training Of Trainer (TOT) Ketunanetraan bagi calon relawan Sahabat Netra dengan tema Pendampingan Tunanetra untuk Mewujudkan Sinergitas Bersama Sahabat Netra. 

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, sejak Jumat hingga Minggu, 20-22 November 2020 dan dilaksanakan di Malino, Kelurahan Bulutana, Kecamatan Lombasang, Kabupaten Gowa.

Dalam pelatihannya, calon relawan diajarkan cara mendampingi penyandang tunanetra dengan menggunakan tongkatnya. Juga praktek secara langsung bagaimana rasanya jika menjadi seperti mereka.

Salah satu peserta, Sunarti, mengatakan bahwa dia mendapatkan pengetahuan baru seperti bagaimana berinteraksi dengan penyandang tunanetra.

“Saya bisa merasakan bagaimana sulitnya menjadi penyandang tunanetra dan itu sangat sulit,” ungkapnya.

Menarik untuk Anda:

Sementara itu, salah satu Founder Sahabat Netra, Ahmad Yani, mengungkapkan jika kegiatan ini adalah sebuah aksi kemanusiaan yang dilatarbelakangi bukan karena rasa kasihan atau prihatin tapi karena memang tugas dan tanggung jawab sebagai manusia. 

“Ini memang tugas dan tanggungjawab jawab kita sebagai manusia,” tuturnya.

Diketahui, TOT adalah pelatihan bagi calon relawan untuk mempelajari tata cara pendampingan bagi penyandang tunanetra.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memajukan bangsa khususnya dalam aspek pendidikan bagi penyandang disabilitas tunanetra.

Citizen Reporter : Firdaus Abdul Rahim (Mahasiswa Universitas Islam Makassar (UIM), Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bantu Korban Gempa Sulbar, Komunitas Motor YNVC Gelar Aksi Penggalangan Dana

Turun ke Jalan, KOPAL Makassar Galang Dana Untuk Korban Gempa Sulbar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar