Lewat Online, SMA Islam Athirah Makassar Gelar Kegiatan Jelajah Ramadan

SMA Athirah
Lewat Online, SMA Islam Athirah Makassar Gelar Kegiatan Jelajah Ramadan

Terkini.id, Makassar – Merebaknya Covid-19 atau virus corona akhir-akhir ini tak menghalangi para siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Makassar, mengisi Bulan Ramadan dengan kegiatan pembelajaran.

Para guru membimbing mereka mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan yang bertajuk Athirah Jelajah Ramadan (AJR).

Sebelumnya, kegiatan tarhib Ramadan 1441 hijriah SMA Islam Athirah Bukit Baruga telah dibuka pada Kamis, 23 April 2020 lalu.

Kegiatan Athirah Jelajah Ramadan 1441 hijriah ini diselenggarakan via daring (online) dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Peserta AJR sendiri adalah para siswa-siswi Kelas X dan Kelas XI yang berjumlah 200-an orang.

Ketua Panitia AJR SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ahmad Fadhlullah, AMa menyampaikan, AJR ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh SMA Islam Athirah di semua unit. Penyelenggarannya setiap tahun di Bulan Ramadan.

Baca juga:

“Banyak materi yang disampaikan. Harapan kami, semoga siswa-siswi bisa mendapatkan materi dari teman-teman guru. Utamanya dalam hal Alquran, membaca, menghafalkan, dan mentadaburi Alquran,” ujarnya melalui sambungan WhatsApp di Makassar, Rabu, 29 April 2020.

Penyampaian materi kedua dilakukan pada pukul 10.00 sampai pukul 11.00 Wita. Materi yang disajikan ialah terkait berbagi infak dan sedekah. Ahmad melanjutkan, materi AJR terkait puasa di Bulan Ramadan, Lailatul Qadr, dan sedekah.

“Sehingga anak-anak yang memiliki kelapangan rezeki bisa berbagi kepada sesama. Apalagi di tengah kondisi saat ini, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, para siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Materi pertama dimulai pukul 09.00 sampai pukul 10.00 Wita. Satu kelompok terdiri dari 2 kelas.

Ada empat orang guru yang menjadi narasumber, diantaranya Ust Darwis SE, Ust Takdir Sirajuddin Lc, Ust Afrizal SPdI, dan Ust Ilmaddin SPd. Adapun materi yang dibahas adalah keutamaan tilawah Alquran, lailatul qadr, dan sedekah.

Selain itu, panitia kegiatan menggelar lomba kreativitas siswa.

“Membuat gambar atau video di rumah masing-masing yang akan dipandu wali kelas,” ucapnya.

Ia berharap agar siswa betul-betul bisa menghayati bahwa Ramadan ini sebagai momentum untuk memperbaiki kualitas pribadi masing-masing.

“Sekalipun hanya beribadah di rumah, tetapi tidak mengubah kualitas pahala disisi Allah SWT,” katanya.

Rencananya pada Kamis besok, kegiatan akan diawali oleh perwalian oleh wali kelas, Shalat Duha, dan aneka jenis lomba kreativitas.

Menurut jadwal, pesantren Ramadan ini akan berakhir pada Jumat 1 Mei 2020, mendatang.

Selama masa pandemi covid-19 para guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga tetap mengajar. Para guru menggunakan aplikasi, salah satunya aplikasi Google Meet.

Citizen Reporter: Ilmaddin Husain

Komentar

Rekomendasi

IGI Minta Tahun Ajaran Baru Digeser ke Januari 2021

Gandeng XL Axiata, Kemenag Luncurkan Akademi Madrasah Digital 2020

Bina Karakter Siswa, SDIT Insantama Makassar Gelar ‘Kepompong Ramadhan’ Lewat Online

SMPN 27 Makassar Sabet Juara di Kejuaraan Futsal Bupati Gowa Cup 2020

Peduli Siswa Kurang Mampu, Forum OSIS Sulsel Luncurkan Program ‘OSIS Care’

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar