Masuk

SMA Islam Athirah Bone Unjuk Gigi pada Biology Event 2022 Hingga Mendapat Standing Applause

Komentar

Terkini.id, Makassar – Bulan Agustus 2022 ini boleh jadi bulan keberuntungan bagi siswa SMA Islam Athirah Bone yang tergabung dalam ekstrakurikuler Biologi (Abionic). Betapa tidak, setelah menjuarai Olimpiade Kedokteran di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pekan lalu, kali ini mereka kembali membuktikan kemampuan mereka dengan memboyong piala bergilir Biology Event 2022 yang diselenggarakan oleh HMJ Biologi Universitas Hasanuddin.

Pada ajang bergengsi tahunan tersebut, wakil Sekolah Islam Athirah Bone berhasil meraih juara dari beberapa cabang lomba antara lain, Juara 1 Olimpiade Biologi oleh Rifaldi, siswa kelas XI IPA Al Hasiib. Disusul seniornya, Nur Ainun, siswi kelas XII IPA Al Wajid yang meraih juara 3 pada cabang lomba yang sama. Proses penyisihan hingga final cukup membuat sang pembina, Rajia, M.Pd., deg-degan.

“Tentu deg-degan. Apalagi harus berhadapan dengan sekolah-sekolah terbaik se-Sulselbar. Terlebih, Rifaldi adalah anak binaan kami yang baru kali ini mengikuti lomba offline. Penentuan juara di final adalah sistem tender soal. Saya kaget ketika Rifaldi memilih jawaban yang paling sulit. Sambil berdoa, saya menanti pertanyaan dibacakan dan Rifaldi menjawab,” ucapnya.

Baca Juga: Top! Dua Kepsek Sekolah Islam Athirah Raih Penghargaan Implementator Best Practice Terbaik se-Sulawesi Selatan

Lanjut Rajia, saat itu pun Rifaldi berhasil menjawab pertanyaan dengan benar hingga peserta yang hadir dalam ruangan tersebut memberikan apresiasi berupa tepuk tangan.

“Bahkan orang-orang memberikan standing applause untuknya, karena memang soal yang dipilih betul-betul butuh analisis yang mendalam. Ananda memang getol belajar, bahkan teman-temannya menjulukinya sebagai ‘Campbell berjalan’, karena ia menguasai materi dengan sangat baik,” imbuh Rajia, M.Pd. yang juga merupakan pembina ekstrakurikuler Abionic yang turut mendampingi hingga lomba selesai.

Tak hanya lomba berbau akademik, siswa SMA Islam Athirah Bone juga mampu menjuarai lomba desain poster pada lomba yang diselenggarakan selama dua hari, dari tanggal 27 hingga 28 Agustus 2022 tersebut. Mereka adalah Andi Salsabila Sahla dan Mahamalyka Nadia Tenritappu M. didapuk sebagai juara 1 desain poster Biologi. Mereka tergabung dalam satu tim untuk menuangkan ide mereka dalam sebuah poster lalu mempresentasikannya di depan juri.  

Baca Juga: YKI Sulsel Sosialisasi Bahaya Kanker ke Ratusan Siswa Sekolah Islam Athirah

Dari perolehan juara tersebut, akhirnya SMA Islam Athirah Bone dinyatakan sebagai juara umum dan berhak menerima piala bergilir Biology Event 2022. 

“Alhamdulillah, terima kasih atas usaha anak-anak semua bersama pembina. Dan juga dukungan doa dari orang tua serta guru karyawan SMA Islam Athirah Bone. Terakhir piala bergilir ini dibawa pulang pada tahun 2017, lepas dua tahun, kemudian pandemi, dan akhirnya bisa kembali lagi ke Athirah Bone. Semoga bisa menjadi piala tetap,” tukas Wakasek Kesiswaan SMA Islam Athirah Bone, Eva Rukmana, S.Pd., Gr.