Mahasiswa KKN Unhas 104 Pinrang Bikin Alat Hand Sanitizer Otomatis

Mahasiswa KKN Unhas 104 Pinrang Bikin Alat Hand Sanitizer Otomatis

Terkini.id, Pinrang – Adanya pandemi virus corona yang semakin hari semakin luas penyebarannya tentunya memberikan dampak kekhawatiran kepada semua orang.

Oleh karenanya, bentuk pencegahan perlu dilakukan oleh setiap individu yang salah satunya ialah dengan rajin menjaga kebersihan tangan.

Hingga saat ini, sudah banyak kita jumpai di berbagai tempat umum telah tersedia fasilitas penyediaan Hand Sanitizer.

Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa salah satu bentuk penularan dari virus ini ialah melalui droplet atau tetesan air liur ketika batuk maupun bersin oleh orang yang terinfeksi.

Percikan batuk atau bersin tersebut dapat menempel di permukaan benda sehingga dapat menyebabkan kontaminasi pada orang lain ketika menyentuhnya yang tidak disadari secara langsung sebagaimana ukuran dari virus ini sangatlah kecil.

Menarik untuk Anda:

Hal ini tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut dapat beresiko pada fasilitas penyediaan Hand Sanitizer.

Demi mencegah adanya kasus seperti itu, mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 Kelompok Pinrang 5 merakit alat hand sanitizer otomatis di Keluruhan Bentengnge, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang.

Alat ini telah diaplikasikan di Masjid Hidayatullah pada perayaan Idul Adha, yang sebagaimana merupakan saran oleh A. Husni Mubarak, S.STP., MM selaku Lurah Bentenge.

“Pendapat saya untuk disimpannya alat ini di masjid saya rasa sangat bermanfaat. Kami sangat menghindari yang namanya terjadinya klaster baru,” ujarnya.

“Sedikit informasi, di Kabupaten Pinrang ini, kita sudah berada dalam zona hijau. Artinya kasus positif di Pinrang ini sudah berada pada titik nol,” sambungnya.

Seperti namanya, alat hand sanitizer otomatis ini tidak memerlukan kontak langsung diantara pengguna dan tidak perlu menyentuh barang atau objek tersebut.

“Alat ini bekerja dengan memanfaatkan sensor Proximity yang mendeteksi keberadaan suatu objek. Ketika pengguna mendekatkan kedua tangan, maka otomatis alat akan mengeluarkan cairan hand sanitizer,” ungkap Sri Rafika yang merupakan salah satu anggota kelompok Pinrang 5 KKN Unhas, Rabu, 5 Agustus 2020.

Pembuatan alat hand sanitizer otomatis ini, kata Sri, merupakan upaya dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Menurutnya, hal itu juga dilakukan sebagaimana penggunaan alat hand sanitizer yang otomatis masih jarang ditemukan di sekitar wilayah Pinrang.

Oleh karenanya, kata Sri, Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 Kelompok Pinrang 5 berharap dengan adanya alat hand sanitizer otomatis ini dapat membantu masyarakat sekitar.

“Dan diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh untuk pemberian fasilitas penyediaan Hand Sanitizer ke depannya yang dilakukan secara otomatis,” ujar Sri.

Perubahan pola hidup masyarakat yang saat ini, lanjut Sri, juga diharapkan lebih menjaga kebersihan diri seperti dengan rajin menjaga kebersihan tangan.

Kegiatan KKN Unhas Gelombang 104 Pinrang tersebut juga didukung oleh Lurah Bentenge.

“Alat handsanitizer otomatis yang dibuat adik kita dari KKN Unhas ini saya rasa sangat bermanfaat khususnya nanti pada masyarakat kelurahan bentengnge. Karena kita ketahui bersama, penyebaran covid19 terus bertambah, karena itu dibutuhkan inovasi inovasi seperti yang dilakukan adik kita ini untuk menghindari yang namanya kontak langsung khususnya pada pencuci tangan,” ujar Lurah Bentenge.

“Kita lihat menggunakan kerang masjid, menggunakan kerang galon. Itu saya rasa dampaknya bisa dikatakan berbahaya untuk terjadinya penyebaran virus Corona ini,” pungkasnya.

Citizen Reporter: Sri Rafika

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

LPM Profesi UNM Gelar Webinar Hari Guru Nasional, Berikut Jadwalnya

Gelar Seminar, Mahasiswa KKN-DK UINAM di Bulukumba Beri Edukasi Politik ke Warga

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar