Makassar Terkini
Masuk

Mahathir Mohammad Sebut Malaysia Tertinggal dari Indonesia, Benarkah?

Terkini.id, Jakarta – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengakui bahwa dari sisi pembangunan, negaranya tertinggal dari sejumlah negara di ASEAN, termasuk Indonesia. Pernyataan itu ia ungkapkan melalui akun Twitter resminya pada Senin, 18 April 2022.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa Malaysia bahkan tertinggal dari Afrika. Pernyataannya itu didasari atas ketidaksiapan menggunakan teknologi terkini.

Padahal teknologi itu mencapai efisiensi dan membatasi korupsi. Malaysia, kata Mahathir, menolak teknologi karena dapat mengungkap perbuatan salah anggota parlemennya.

“Saya diberi tahu bahwa jika kita mengadopsi teknologi baru, ini akan ada protes keras dari anggota DPR. Tampaknya banyak dari mereka yang terlibat dalam bisnis ekspor dan impor,” ucap Mahathir dilansir dari laman Tempo pada Selasa, 19 April 2022.

Walhasil, Malaysia terus merugi lantaran tak menggunakan tata cara pengelolaan pembangunan yang lebih baik. Sementara itu di Afrika, negara tersebut malah bisa menghemat miliaran dolar karena manajemen yang baik.

Afrika, kata Mahathir, menggunakan peralatan baru yang lebih efisien. 

Ia juga menyampaikan salah satu indikator lambatnya kemajuan tersebut disebabkan banyaknya para pejabat berpesta menggunakan uang rakyat yang dibiarkan oleh pemerintah sekaligus tidak adanya tekad kuat untuk berbenah dengan menerapkan teknologi.

Sebelumnya diketahui bahwa Mahathir merupakan salah satu tokoh politik ternama dan dominan di Malaysia meski telah lengser. Dia memimpin Malaysia sejak tahun 1981 hingga tahun 2003 lalu, kemudian kembali berkuasa tahun 2018 dalam usianya yang mencapai 92 tahun, dengan memimpin koalisi reformis.