Makanan Ini Bisa Produksi Kolagen untuk Awet Muda

Kolagen mempertahankan kulit tetap awet muda

Terkini.id, – Mempertahankan elastisitas kulit wajah tetap awet muda tergantung dari produksi kolagen dalam tubuh. Usia yang bertambah tua membuat produksi kolagen mulai berkurang. Kulit menjadi lebih cepat keriput dan menjadi kendur.

Kolagen sendiri adalah protein penting yang diproduksi sel tubuh untuk membantu regenerasi kulit, menjaga kulit tetap halus dan lembap dan membantu kulit tetap awet muda.

Untuk memaksimalkan produksi kolagen berbagai cara bisa dilakukan dengan perawatan di salon kecantikan demi mendapatkan kulit yang tetap sehat, awet muda dan terbebas dari keriput.

Namun secara alami produksi kolagen bisa dibantu dengan mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan protein sehingga tubuh bisa mendapatkan kolagen kembali.

Beberapa makanan di bawah ini bisa membantu tubuh mendapatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

1. Sayuran berwarna hijau gelap

Cegah Sariawan
Bayam. (foto: inagro.co.id)

Jenis sayuran hijau berwarna gelap seperti bayam, kubis, dan kale sangat dianjurkan untuk menjadi asupan sehari-hari untuk membantu produksi kolagen dalam tubuh. Sayuran hijau gelap banyak mengandung antioksidan, lutein.

Sebuah studi yang dilakukan di Prancis menyebutkan dengan menongsumsi 10mg bayam akan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit serta memerangi keriput.

2. Kedelai

Susu kedelai

Produk dari bahan kedelai seperti susu kedelai mengandung bahan yang disebut genistein. Bahan inilah yang membuat produk dari kedelai menjadi sumber kolagen serta membantu menghambat enzim yang mudah hancur yang membuat kulit cepat menjadi tua.

3. Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan. Sumber : media.muskuli.com

Jenis makanan dari kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi sebanyak dua sendok setiap hari. Kacang kaya akan hyaluronic acid atau asam hyaluronat yang baik untuk produksi kolagen dalam tubuh.

4. Kaldu tulang
Mengonsumsi kaldu tulang sangat baik untuk memperbaharui kolagen pada kulit. Kaldu tulang mengandung gelatin yang bisa membantu memperbaiki saluran pencernaan sehingga mencegah inflamasi dan penuaan dini.

5. Buah dan sayur yang kaya vitamin C

Lemon

Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin C merupakan sumber produksi kolagen alami. Seperti jeruk, lemon, dan strawberry bisa disa ditambahkan sebagai menu harian rutin.

6. Bawang Putih

Bawang Putih. Source IDNTime

Bawang putih kaya akan asam lipoat dan taurine. Sumber nutrisi ini membantu memproduksi ulang kolagen yang rusak. Selain itu bawang putih merupakan sumber sulfur yang merupakan untur penting produksi kolagen.

7. Ikan dan daging tanpa lemak

Tuna. (foto/dfrcollection.com)

Ikan kaya akan kandungan omega 3 seperti mackerel, salmon, tuna dan daging tanpa lemak dari hewan ternak pemakan rumput membantu melindungi membrane lemak di sekitar sel kulit.

Kandungan omega-3 dalam ikan, membuat sel-sel tetap kenyal sehingga kulit tetap terlihat muda. Makanan tersebut juga membantu mengurangi inflamasi dan kaya akan asam amino esensial yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Berita Terkait
Komentar
Terkini