Masker Kain Dinilai Kurang Efektif Cegah Omnicorn, Simak Penjelasan Steven Gordon

Terkini.id, Jakarta – Pemakaian masker selama Pandemi Covid-19 menjadi wajib hukumnya. Namun Steven Gordon menilai penggunaan masker kain kurang efektif untuk cegah varian Omnicorn.

Varian baru covid-19, Omnicorn telah masuk ke Indonesia. Tentu hal ini harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat.

Kedisiplinan masyarakat dalam menjaga diri menjadi kunci utama agar tetap terjaga dari varian baru tersebut. Tetap menggunakan masker contohnya.

Baca Juga: Ini Alasan Masker N95 dan KN95 Diklaim Tawarkan Perlindungan Terbaik...

Namun, ternyata tidak semua masker dinilai mampu lindungi tubuh manusia dari paparan virus Omnicorn. Simak penjelasan lengkapnya.

Pakar penyakit menular, Steven Gordon menilai penggunaan masker kain tidak mampu menahan paparan virus yang cepat menular layaknya varian Omnicorn.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Spesifikasi Masker Bedah dan N95 Versi Kemenkes RI

“Masker kain yang seringkali terbuat dari bahan seperti kapas tidak bisa memberikan perlindungan efektif dari virus yang sangat menular seperti virus Corona varian Omnicorn,” ungkap Steven Gordon sebagaimana dilansir dari Kompas.com Kamis 30 Desember 2021.

Ia juga menyampaikan bahwa masker yang digunakan harus menutupi area mulut dan hidung secara sempurna.

“Anda harus memastikan bahwa area mulut dan hidung Anda tertutup dengan baik,” bebernya.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Spesifikasi Masker Bedah dan N95 Versi Kemenkes RI

Berdasarkan hal tersebut, sedikitnya sampai saat ini ada 3 jenis dianggap secara sempurna menutupi area wajah dan area mulut secara sempurna. 

1. Masker N95 

Desainnya yang dibuat khusus untuk menutupi area mulut dan hidung secara sempurna menjadikan masker ini cukup efektif untuk lindungi tubuh Anda dari varian Omnicorn. 

2. Masker KN95 

Masker dengan sedikit lekukan di ujung ini selain mampu menjaga Anda dari varian Omnicorn juga terkesan unik.

Tak hanya itu lekukan pada masker juga lebih memudahkan Anda dalam bernapas, sehingga tak masalah jika masker ini digunakan lama. 

3. Masker KF94

Masker dengan desain yang cukup trendy ini juga tergolong masker yang mampu proteksi diri dari Omnicorn loh. Tentu tak jarang bukan Anda temui orang yang menggunakan masker ini. 

Bagikan