Masuk

Megawati Minta Tolong di Jeju Forum: Hentikan Perang

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Megawati Soekarnoputri atau presiden ke-5 RI meminta tolong untuk hentikan perang di Jeju Forum di Korea Selatan, Jumat 16 September 2022.

“Melalui Jeju Forum, saya dan kita menyerukan bersama, tolonglah hentikan perang!” Sebut Megawati dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara dan CNNIndonesia.

“Perang hanya akan menimbulkan derita kemanusiaan. Pesan perdamaian Jeju ini harus dikumandangkan,” lanjutnya.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Belum Putuskan Usungan Capres 2024 di HUT PDIP ke-50

Pada forum itu, presiden ke-5 RI tersebut menyebut perdamaian begitu mendesak di tengah sejumlah persoalan geopolitik kali ini.

Mulai dari peperangan Rusia-Ukraina sampai ketegangan di Selat Taiwan. Sama halnya persoalan di kawasan Timur Tengah, ketegangan di Laut China Selatan maupun ingatan terkait dengan bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki, dan usaha dalam mewujudkan perdamaian di bumi Peninsula.

Kata Megawati untuk hentikan perang, peperangan besar sudah mewarnai sejarah peradaban dunia. Seperti, perang dunia I dan II menjadi contoh abad modern.

Baca Juga: Capres PDIP Dikabarkan Akan Diumumkan Oleh Megawati Soekarnoputri

Kedua hal tersebut disebut mengakibatkan kesengsaraan serta penderitaan berkepanjangan.

“Bayangkan dari jumlah korban, Perang Dunia I sebanyak 10 juta meninggal dan 21 juta luka-luka. Perang Dunia II dengan korban 62,5 juta dari sekitar 50 negara yang terlibat,” terangnya.

Kemudian, Megawati melanjutkan dunia begitu merasakan dampaknya yang terjadi di satu wilayah. Katanya, semua saling terkoneksi, saling tergantung dan saling membutuhkan.

“Dari situlah kita belajar bahwa hal tersebut di salah satu sudut dunia membawa persoalan sangat serius di bagian dunia lain. Oleh karena itulah, sekali lagi hentikan perang,” jelas Megawati.