Masuk

Mentan SYL Soal Harga Beras Mahal: Makan Sagu Saja

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyarankan untuk makan sagu saja jika harga beras makin mahal, Sabtu 8 Oktober 2022.

“Beras kalau memang harganya tidak bersahabat, potong semua pohon sagu yang ada!” ucapnya dalam acara Pembekalan Penyuluhan Pertanian Nasional dengan tagline ‘Penyuluh Hebat, Pertanian Kuat’ pada Kamis 6 Oktober 2022 di Jakarta. 

“Kita masih punya 5 juta hektar sagu, potong 1 juta sudah bisa bertahan 1-2 tahun. Makan sagu aja,” sambungnya dilihat terkini.id dalam unggahan akun Instagram info.bulukumba pada Sabtu 8 Oktober 2022.

Baca Juga: Politikus PDIP Prediksi Syahrul Yasin Limpo Akan Didepak Dari Kabinet Jokowi

Di samping itu, Mentan SYL menjamin aman untuk stok beras. Katanya, beras di Indonesia surplus 10 juta ton.

Maka dari itu, SYL mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu mempersoalkan jumlah stok beras yang ada.

“Aman dong. Kita punya stok dan neraca kita, masih surplus 10 juta ton. Dimana persoalannya? Kamu mau berapa ton? Mau beli berapa? Ayo?” tegas SYL.

Baca Juga: Sidak di Hari Natal, Mentan SYL Pastikan 12 Bahan Pokok di Sulsel Aman

Diketahui sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolb menyampaikan stok beras dipastikan tercukupi sampai akhir tahun 2022.

“Kami di Kementerian Pertanian, berkonsentrasi penuh untuk menjaga ketersediaan produksi sesuai target dari tahun ke tahun,” katanya.

“Untuk tahun ini, bisa kami sampaikan pada masyarakat bahwa produksi cukup,” ujarnya Harvick di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur pada Senin 3 Oktober 2022.

Namun, Dia tak mengelak adanya hambatan penyerapan beras di lapangan yang membuat distribusi ke daerah-daerah menjadi terlambat.

Baca Juga: Lampaui Target, BPPSDMP Gelar Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian 2022, Polbangtan Gowa Bertabur Penghargaan

Dia juga mengatakan pemerintah terus berupaya mencari solusi agar masalah itu bisa diselesaikan.

“Selalu kita rapatkan di kabinet, kami sampaikan ke Pak Presiden Jokowi masalah-masalahnya. Yang terus kita cari jalan keluar,” terangnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo minta warga makan sagu saja/info.bulukumba