Menteri Perindustrian Sebut Indonesia Kekurangan 2,5 Juta Pekerja pada 2024

Terkini.id, Jakarta – Indonesia bakal mengalami defisit sumber daya manusia (SDM) sebanyak 2,5 juta orang pada 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI terkait pembahasan rencana kerja dan anggaran kementerian dan lembaga (RKA-KL) serta rencana kerja pemerintah kementerian dan lembaga (RKP-KL) Tahun 2021 di Gedung DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Selasa 23 Juni 2020.

Dia menyebutkan, gap besar antara demand dan suplai SDM di sektor industri akan semakin lebar karena para pekerja tak memiliki dasar pengetahuan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan industri, kata Agus.

Untuk memperbaiki permasalahan tersebut, kata Agus, Kementerian Perindustrian tengah mempersiapkan program prioritas baru yakni menyiapkan sumber daya manusia dan pengembangan infrastruktur digital untuk menghadapi defisit SDM ke depan.

“Nanti akan ada gap sebesar 2 koma sekian juta yaitu kebutuhan sumber daya manusia industri yang perlu atau yang dibutuhkan bagi industri pada tahun 2024,” ujarnya seperti dikutip dari tirtoid.

Menarik untuk Anda:

Program prioritas tersebut diusulkan masuk di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021. Sebab, sumber daya manusia penting disiapkan agar tidak terjadi disparitas antara pekerja dengan kegiatan di sektor industri.

“Dengan demikian program penyiapan sumber daya manusia di sektor industri menjadi sangat penting,” jelas dia.

Kementerian Perindustrian pun mempersiapkan SDM pada 2021 dengan mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp3,4 triliun.

Dari permintaan tambahan anggaran tersebut program penyiapan sumber daya manusia mendapat anggaran yang cukup besar yaitu Rp1 triliun.

Sementara sisanya untuk program perlindungan dan pengawasan industri dalam negeri Rp1,5 triliun. Kemudian pertumbuhan industri subtitusi impor Rp500 miliar. Kemudian program yang terakhir yaitu pengembangan infrastruktur digital sektor industri sebesar Rp410 miliar.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ditindak Berlebihan Satgas Covid-19, Pemilik Warkop dan Kafe Sambangi DPRD Soppeng

KPK Telisik Dana Korupsi PT DI yang Diduga Mengalir ke Sekretariat Negara

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar