Makassar Terkini
Masuk

Menteri Pertanian Dongkrak Potensi Agrowisata Toraja, Sebagai Nilai Tambah dan Pembuka Lapangan Kerja Sektor Pertanian.

Terkini.id, Toraja -Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Toraja Utara hari Sabtu, 5 Februari 2022. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau  persiapan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Pertanian yang akan di gelar di Toraja Utara yang rencananya akan dibuka oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo.

Dalam lawatannya Mentan yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal kementerian Pertanian, Kepala Badan Litbang Pertanian dan Bupati Toraja Utara serta unsur SKPD Kabupaten lainnya mengunjungi beberapa lokasi objek wisata seperti Lokasi objek wisata Kete Kesu, Lolai To’Tombi Negeri di atas awan, dan Toraja Heritage.

Direncanakan selain pagelaran rakernas Kementan, pada saat yang sama Mentan SYL akan mengundang Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan kunjungan kerja ke Toraja Utara yang sekaligus membuka acara tersebut.

Mentan berharap dengan diselengarakannya rakernas di Toraja ini selain dapat mengenalkan kekayaan budaya lokal masyarakat setempat juga dapat menstimulus potensi agrowisata di daerah ini. “Toraja adalah aset nasional memiliki lahan pertanian yang sangat subur, kaya akan nilai budaya sehingga menjadi modal penting untuk pengembangan agrowisata” ucap SYL.

Lebih lanjut SYL mengatakan bahwa pengembangan agrowisata akan memberikan nilai tambah bagi petani “Diharapkan melalui pengembangan agrowisata tersebut akan memberikan nilai tambah serta keuntungan yang besar bagi petani, sehingga para petani tidak hanya terpaku pada pendapatan dan margin keuntungan pada produk yang dijual akan tetapi juga pada aspek wisata. Ucap Mentan.

SYL menyampaikan bahwa agrowisata dapat membuka lapangan kerja sektor pertanian “bahkan jika agrowisata ini berhasil lalu kemudian pendapatan petani meningkat, maka sektor ini dapat membuka banyak lapangan kerja dan inilah yang diharapkan oleh Bapak Presiden yang selalu dipesankan dalam berbagai kesempatan kepada saya”. Tutur Mentan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian , Dedi Nur Syamsi dalam kesempatan yang lain menyampaikan bahwa sektor pariwisata dan pertanian adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan “ Ibarat sekeping uang bermata dua, Pariwisata dan pertanian  adalah suatu yang tidak dapat dipisahkan menjadi agrowisata, yang jika dikelola dengan baik akan memiliki daya tarik dan dampak ekonomi luar biasa bagi masyarakat tani” kata Dedi.

Dengan target pencetakan 2,5 juta petani milenial dari Kementerian Pertanian diharapkan juga dapat menyasar pada sektor agrowisata Indonesia. Setelah selesai lawatannya di Toraja Utara, Mentan melanjutkan kunjungannya menggunakan Helikopter ke Kabupaten Sidrap guna mengunjungi sentra produksi jagung, pakan dan ayam petelur.