Mohon Maaf, PNS ini Tidak Dapat Gaji 13 di Tahun 2022

Terkini.id, Jakarta – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Juli mendatang, PNS akan menerima gaji ke-13.

Dikabarkan nilainya pun lebih besar dari tahun lalu, sebab perhitungan THR dan gaji ke-13 kali ini memasukkan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50%.

Namun, tidak semua PNS mendapatkan gaji ke-13. Hal ini mengacu pada pasal 5 Peraturan Pemerintah (PP) no 16 tahun 2022

Baca Juga: Jumlah Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan yang Diberitakan Akan Cair...

Diketahui bahwa pasal tersebut menyebutkan bahwa gaji ke-13 dan juga THR Lebaran tahun 2022 tidak akan diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri dalam dua kondisi.

Kondisi pertama adalah PNS yang bersangkutan sedang cuti di luar tanggungan negara atau dengan sebutan lain.

Baca Juga: Siap Jadi Capres, Cak Imin Lirik Sri Mulyani sebagai Cawapres

Selanjutnya, kondisi yang kedua adalah saat PNS yang bersangkutan sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, dikabarkan untuk pencairannya akan dilakukan sekitar bulan Juli 2022. Ini bertepatan dengan tahun ajaran baru anak sekolah.

“Ini seperti yang selama ini dilakukan, tujuannya adalah untuk membantu seluruh aparatur, terutama pada saat menjelang tahun ajaran baru,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani, dilansir dari Detikcom, Minggu 22 Mei 2022.

Baca Juga: Siap Jadi Capres, Cak Imin Lirik Sri Mulyani sebagai Cawapres

“Hal tersebut akan dilaksanakan pada bulan Juli yang biasanya juga identik dengan kebutuhan-kebutuhan belanja bagi putra-putri bagi anak ASN, TNI dan Polri,” sambungnya.

Lebih rinci, dalam pasal 3 PP no 16 tahun 2022 dijelaskan penerima gaji ke-13 adalah PNS (termasuk CPNS), PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara.

Kemudian ada juga, pensiunan PNS, pensiunan Prajurit TNI, pensiunan Anggota Polri, dan pensiunan Pejabat Negara serta keluarga perwakilan penerima pensiunan.

Bagikan